Manca

Tubuh Pesepakbola Afghanistan Terpotong di Roda Pesawat

KABAR KALIMANTAN1, KABUL – Akhir mengenaskan dialami pesepakbola tim nasional Afghanistan, Zaki Anwari (19). Tubuhnya terpotong di ruang roda pesawat militer AS, Senin (16/8/2021). Sebagian tubuh lainnya terjatuh sesaat pesawat lepas landas di Bandara Kabul.

Kantor Berita Afghanistan, Ariana, hanya menyebut bahwa Zaki Anwari tewas karena jatuh dari pesawat Boeing C-17 USAF. Kabar ini juga dikonfirmasi Direktorat Jenderal Olahraga Afghanistan.

France 24 juga mewartakan, Zaki terjatuh  dalam usahanya melarikan diri dari Afghanistan yang sedang mengalami krisis karena pemerintahan mereka dikuasai Taliban sejak 15 Agustus.

Tagar #zakianwari bermunculan sejak 11 jam lalu, dimulai sejak naskah ini dibuat. Meskipun jatuhnya Zaki telah dikorfirmasi, ada yang meluruskannya. “Berita itu tidak akurat. Mayat Zaki ditemukan saat pesawat itu mendarat di bandara terdekat,” komentar Karen Amundsen, netizen asal Norwegia.

Bisa jadi, sebagian potongan tubuh Zaki jatuh di bandara Kabul, sebagian lainnya masih tersangkut di roda pesawat dan baru diketahui saat mendarat. Kisah manusia bersembunyi di ruang roda pesawat, telah beberapa kali terjadi, dan ada yang selamat.

Sejak Taliban merebut kekuasaan dari rezim yang disokong AS, lalu lintas di Kabul dilaporkan kacau balau. Ribuan orang menyerbu bandara agar bisa keluar dari Afghanistan secepatnya, sekalipun Taliban telah menjamin keamanan, termasuk warga asing. Diplomat Russia dan Cina, bahkan tetap bertahan di Kabul.

Video Amatir

Menurut laporan Reuters, militer AS menemukan bagian tubuh manusia pada satu bagian roda pendaratan, seusai salah satu pesawat mereka yang mengangkut pengungsi dari Kabul mendarat di pangkalan udara setempat.

Insiden tragis tersebut terekam lewat video amatir yang beredar pada 16 Agustus. Berita meninggalnya Zaki Anwari terkuak setelah militer AS melakukan investigasi terhadap sisa-sisa mayat yang ditemukan di roda.

Warga Afghanistan telah memberikan penghormatan kepada pesepakbola muda mereka di media sosial sejak diberitakan media.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top