Barito Utara

Pemkab Barito Utara-Kantor Imigrasi Tingkatkan Fasilitas UKK

KABARKALIMANTAN1, Palangka Raya – Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah bekerja sama dengan Kantor Imigrasi Non Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Kelas I Palangka Raya meningkatkan fasilitas di kantor pelayanan Unit Kerja Kantor (UKK) Keimigrasian setempat.

“Gedung Unit Kerja Kantor (UKK) Keimigrasian Barito Utara saat ini telah siap digunakan meskipun ada beberapa bagian yang masih dalam proses renovasi,” kata Asisten I Sekda Kabupaten Barito Utara Eveready Noor melalui pernyataan diterima di Palangka Raya, Sabtu (27/04/2024).

Secara umum, katanya, gedung UKK siap untuk proses pelayanan keimigrasian.

Terkait dengan perangkat IT dan peladen, pihaknya tengah berkoordinasi lebih lanjut dengan Kantor Imigrasi dan Diskominfosandi Barito Utara.

“Perihal kebutuhan teknis apa saja yang diperlukan dalam menunjang pelayanan juga dikoordinasikan lebih lanjut juga dengan Dirjen Imigrasi Pusat,” katanya.

Pihaknya juga menyediakan ruangan sementara untuk karyawan atau pegawai yang bertugas di UKK Keimigrasian Barito Utara.

Koordinasi penyiapan sarana dan prasarana UKK itu dihadiri langsung Kepala Kantor Imigrasi Non TPI Kelas I Palangka Raya Mulyadi dan Asisten I Sekda Barito Utara Eveready Noor.

Selain itu, Kepala Seksi Pelayanan dan Verifikasi Dokumen Perjalanan (Yanverdoklan) Kantor Imigrasi Palangka Raya I Wayan Putu Wiadnya beserta staf dan Kepala Disnakertranskop UKM Barito Utara Mastur, Kepala Dinas Kominfosandi Barito Utara Mochamad Ikhsan, serta perwakilan Dinas PUPR setempat.

Pada kegiatan itu juga dilaksanakan pengecekan kesiapan sarana dan prasarana serta draf perjanjian kerja sama UKK Keimigrasian.

Rombongan juga mengunjungi Kantor Diskominfosandi Barito Utara untuk melihat langsung ruang “Network Operation Center (NOC)” di mana nantinya menjadi fasilitas peladen dan perangkat jaringan yang terkait dengan operasional sistem.

Ia mencontohkan tentang fasilitas itu, seperti mesin cetak paspor dan dukungan bandwith internet UKK Keimigrasian Barito Utara yang disalurkan dari ruang NOC.

Kepala Kantor Imigrasi Palangka Raya Mulyadi menyebut sarana dan prasarana UKK Keimigrasian Barito Utara cukup memadai.

“Sarana prasarana sudah bagus, walaupun nanti ada beberapa yang masih perlu dibenahi bersama seperti fasilitas untuk penyandang disabilitas,” katanya.

Sarana untuk penyandang disabilitas itu, seperti jalur khusus dan toilet, sedangkan fasilitas lain yang perlu ditambahkan, seperti kursi standar pelayanan publik. (ANT)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top