Gunung Mas

Pemerintah Desa Harus Kreatif Tingkatkan Perekonomian Warga

KABAR KALIMANTAN1, Kuala Kurun –  Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Untung Jaya Bangas mengimbau kepada seluruh pemerintah desa, agar harus lebih kreatif dengan mencari inovasi, untuk meningkatkan perekonomian warga di desa.

“Saya imbau kepada pemerintah desa untuk bisa mengenali dan mencari peluang usaha serta potensi yang dimiliki desa untuk dijadikan usaha, sehingga berdampak pada peningkatan ekonomi warga di desa tersebut,” ucap Untung, Minggu (16/10).

Politikus Partai Demokrat ini mengatakan, peluang usaha yang dimaksud yakni di sektor perkebunan dengan menanam sayur-sayuran, sektor perikanan dengan budidaya ikan patin, dan sektor peternakan dengan budidaya itik petelur yang akan dapat meningkatkan perekonomian warga setempat.

“Selain meningkatkan perekonomian, menanam sayur, budidaya ikan, dan budidaya itik petelur yang dilakukan masyarakat, juga menambah pendapatan desa, yang nanti dapat digunakan untuk program kesejahteraan warga,” tuturnya.

Legislator dari daerah pemilihan (dapil) III mencakup Kecamatan Tewah, Kahayan Hulu Utara, Damang Batu, dan Miri Manasa ini menuturkan, dengan menanam sayur atau budi daya ikan juga bisa meningkatkan ketahanan pangan masyarakat desa.

“Saya berharap kedepan budi daya sayur, ikan atau usaha masyarakat lain, mampu mensejahterakan masyarakat di desa,” ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Desa Batu Nyapau Jon Prinedi mengakui, Pemerintah Desa Batu Nyapau, Kecamatan Tewah, mengalokasikan dana desa tahun 2022 untuk program pemberdayaan masyarakat desa, berupa budidaya itik petelur.

“Kami memilih budidaya itik petelur karena pasokan telur itik di sejumlah wilayah Kabupaten Gumas masih kurang. Prospeknya juga menjanjikan. Apalagi telur menjadi salah satu kebutuhan masyarakat,” jelasnya.

Dia menambahkan, budidaya telur bertujuan untuk ketahanan pangan masyarakat desa dan telur yang dihasilkan juga dapat menambah penghasilan keluarga, serta meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Dengan demikian, kami berharap kedepan angka kemiskinan dapat ditekan serta masyarakat desa semakin sejahtera,” pungkasnya. (okt)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top