Sepakbola

MU Putus Kontrak Maskapai Rusia Aeroflot, Shalcke 04 Menyusul

KABAR KALIMANTAN1, Manchester – Langkah keras diambil klub raksasa Liga Inggris, Manchester United. Bersimpati pada perdamaian, MU memutus kontrak sponsor dari maskapai Rusia, Aeroflot.

Saham mayoritas Aeroflot diketahui dimiliki oleh pemerintahan Rusia.
Manchester United resmi memutus kemitraan bernilai £40 juta.

Langkah tersebut dilakukan sebagai pernyataan sikap tegas Man United atas invasi Rusia ke Ukraina yang resmi dilancarkan per Kamis (24/2/2022).

“Mengingat peristiwa yang terjadi di Ukraina, kami memutuskan untuk mencabut hak sponsor Aeroflot,” ucap juru bicara Man United.

‘Kami berbagi keprihatinan dengan fans kami di seluruh dunia da simpati kami kepada mereka yang terkena dampak,” pungkasnya.

United memiliki kontrak jangka panjang dengan Aeroflot, terhitung sejak 2013. Kontrak yang diperbarui pada 2017 senilai £40 juta sejatinya berakhir pada 2023.

Yang menarik, harga saham Man United turun setelah invasi Rusia ke Ukraina dan spekulasi menyebutkan bahwa itu terjadi karena hubungan mereka dengan Aeroflot.

Tercatat hingga Kamis kemarin, harga saham United telah jatuh dari $14,08 per lembar menjadi $13,10 atau terjadi penurunan sebanyak tujuh persen dalam dua pekan terakhir.

Adapun saat Setan Merah terbang ke Madrid, mestinya dengan pesawat Aeroflot untuk lakoni laga leg kedua babak 16 besar Liga Champions kontra Atletico pada Selasa lalu. Tapi MU beralih menggunakan maskapai asal Inggris, Titan Airways.

Diikuti Schalke 04

Klub Jerman, Schalke 04, juga mengambil langkah serupa. Schalke mencopot logo sponsor utamanya, Gazprom, dari seragamnya.

Ketegangan Rusia vs Ukraina telah tereskalasi pada Kamis pagi waktu Rusia, saat Presiden Vladimir Putin mengibarkan bendera perang dengan melakukan invasi skala besar ke Ukraina.

Invasi Rusia ke Ukraina itu membuat Schalke memutuskan untuk mencopot logo Gazprom dari jerseynya. Keputusan itu diambil usai berdiskusi dengan Gazprom cabang Jerman.

“Menyusul perkembangan akhir-akhir ini, FC Schalke 04 telah memutuskan untuk mencopot logo sponsor utama GAZPROM dari kaus klub dan akan diganti dengan tulisan Schalke 04,” demikian bunyi pernyataan Schalke di akun media sosialnya.

Gazprom merupakan perusahaan energi milik Rusia. Gazprom sudah menjadi sponsor Schalke 04 sejak 2007.

Logo Gazprom tak cuma terlihat di jersey Schalke. Logo tersebut juga bisa dilihat di pusat latihan Schalke dan Veltins Arena.

Langkah Schalke ini dinilai juga akan menambah tekanan kepada UEFA untuk memutus kerja sama dengan Gazprom. Gazprom merupakan salah satu sponsor Liga Champions.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top