Kalteng

KPU Launching Desa Peduli Pemilu di Palangka Raya

KABARKALIMANTAN1, Palangka Raya — Dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu dan pemilihan. Komisi Pemilihan Umum (KPU) meluncurkan desa peduli pemilu dan pemilihan (DP3) Provinsi Kalteng di Kereng Bangkirai Kecamatan Sabangau Kota Palangka Raya, Rabu (3/11/2021).

Ketua KPU Kalteng Harmain Ibrohim menyampaikan, DP3 merupakan salah satu program yang dicanangkan KPU pusat untuk mendorong masyarakat agar lebih cerdas dan mandiri, termasuk bertanggungjawab sebagai anak bangsa dalam menyalurkan hak pilih demokrasi.

Melalui program ini akan tumbuh subur pemilih-pemilih yang cerdas dan berdaulat di berbagai desa dan kelurahan yang mampu tampil sebagai pioner demokrasi.

”Saya menyambut baik kegiatan ini, karena area desa ini area kecil dari sebuah proses interaksi sosial antar peserta, termasuk pembangunan ekonomi, wilayah dan kehidupan dalam demokrasi,” ujar Harmain.

Ia berharap untuk bersama-sama dapat menciptakan iklim demokrasi baik, agar terhindar dari tindakan atau perbuatan yang tidak dibenarkan. Termasuk imbas kemajuan teknologi, akan semakin mudah terhasut hoaks yang mengarah perpecahan.

“Saya mendukung kegiatan ini, karena dengan adanya pendidikan demokrasi ini, Insya Allah akan tersusun demokrasi yang rapi dan baik, sehingga demokrasi desa bisa dipahami sebagai embrio untuk terciptanya penguatan politik hari ini dan berkelanjutan untuk masyarakat,”ujarnya.

Selain itu dapat menghindari masyarakat dari praktek politik uang, meningkatkan kuantitas dan kualitas partisipasi pemilih, serta mencetak pemilih yang profesional dan berintegritas.

Sementara itu Anggota KPU RI I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi yang hadir secara daring, mengatakan, bahwa DP3 yang ditetapkan KPU RI saat ini baru terdapat dua daerah di tiap provinsi.

Akan tetapi kedepannya untuk menyongsong pemilu dan Pemilihan Kepala Daerah serentak 2024 diusahakan di tiap-tiap kabupaten/ kota dapat memiliki desa peduli pemilu dan pemilihannya sendiri. (MGN/TVA)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top