Piala Dunia 2022

Inggris vs Prancis, Skor Akhir Bisa Lahir dari Bola Mati

KABARKALIMANTAN1, Doha – Sama-sama sedang dalam puncak performa, Inggris dan Prancis akan berebut satu jatah semifinal di Stadion Al Bayt, Minggu (11/12/2022) pukul 02.00 WIB.

Inggris berhasil mengalahkan Senegal dengan skor telak 3-0 di babak 16 Besar, sementara Prancis menekuk Polandia 3-1. Namun Inggris punya sedikit minus, yakni suasana tim yang dilanda perpecahan.

Cukup menarik apa yang akan dilakukan Gareth Southgate di laga ini karena dia memainkan formasi 4 bek selama kompetisi, tapi biasanya dia akan memainkan formasi 3 bek jika melawan tim besar. Apalagi, Prancis punya Kylian Mbappe yang merupakan top skor kompetisi.

Southgate amat percaya, lini belakang Three Lions dengan Jordan Pickford di gawang dan Harry Maguire dan John Stones di pertahanan tengah, cukup kuat. Tinggal didampingi bek sayap Luke Shaw dan Kyle Walker, ketajaman Prancis bisa diredam.

Kubu Les Bleus bukannya tidak paham cara membongkar titik lemah Inggris. Bek Harry Maguire yang baru pulih usai di-bully di klub dan timnas akibat sering melakukan blunder, bisa dieksplorasi Oliver Giroud, Antoine Griezmann, dan Mbappe yang jadi top rating pemain Prancis dengan poin 8,33.

Sementara kubu Inggris memiliki 2 juru gedor dengan koleksi 3 gol, Bukayo Saka dan Marcus Rashford. Kapten Harry Kane mengambil peran sebagai pengumpan terbanyak dengan 3 assist.

Jika laga berlangsung ketat sampai akhir, ada potensi pertandingan ditentukan oleh set piece atau gol yang tercipta dari skema bola mati seperti sepak pojok, tendangan bebas, atau bahkan dari tendangan penalti.

“Ada baiknya Southgate meniru cara Chelsea saat mematikan Mbappe dalam kostum Paris St. Germain. Saat itu Chelsea mengunci Lionel Messi sebagai pemasok bola. Nah di Prancis tinggal matikan pengatur serangan mereka,” ujar Jammie Carragher, pengamat.

Gelandang Prancis Adrien Rabiot, berpendapat, “Inggris adalah tim dengan karakteristik yang sama dengan Prancis, sangat cepat di sayap. Gelandang sering maju. Declan Rice mirip dengan Aurelien Tchouameni,” kata Rabiot.

Jude Bellingham akan jadi sosok di tim Inggris yang jadi perhatian pelatih Prancis Didier Deschamps di lini tengah. “Mobilitasnya tinggi dan berani melakukan terobosan. Dia kreatif, harus dicermati,” kata Deschamps.

Laga ini akan dipimpin oleh wasit asal Brasil, Wilton Sampaio. Sampaio sudah memimpin 3 laga Piala Dunia 2022 sebelumnya dengan catatan 11 kartu kuning. Baik Inggris dan Prancis sama-sama belum pernah diwasit Oleh Sampaio.

PRAKIRAAN FORMASI

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top