Nasional

Warga DKI yang Belum Divaksinasi Dapat Moderna

KABARKALIMANTAN1, Jakarta – Sebanyak 100.030 warga masyarakat umum atau non-tenaga kesehatan (nakes) akan mendapatkan vaksin Covid-19 Moderna dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jaya.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Widyastuti. Menurutnya, Vaksin Covid-19 Moderna diberikan kepada masyarakat umum yang belum pernah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis 1 dan 2, dan tidak ada booster dosis 3.

“Vaksin Covid-19 Moderna diberikan untuk warga yang tidak dapat menggunakan vaksin AstraZeneca dan Sinovac berdasarkan surat keterangan dokter yang berpraktek di fasilitas kesehatan (FKTP/FKRTL) mana pun,” kata Widyastuti pada keterangannya, Selasa (17/8/2021).

Jadi, tidak harus BPJS. Selanjutnya, surat tersebut diarsipkan oleh fasilitas kesehatan penyuntik. Ia menekankan, bahwa tidak ada vaksin Moderna booster dosis 3 untuk masyarakat umum, selain untuk SDM Kesehatan.

“Alhamdulillah akhirnya kebagian vaksin jenis Moderna. Ada beberapa orang yang enggan mendapat suntikan vaksin AstraZeneca dan Sinovac, dengan alasan berbeda. Baik faktor kesehatan, atau yang lain. Misal, khawatir karena ia anak tunggal dan orangtuanya sudah sangat tua. Jika terjadi sesuatu, tentu tak ada yang mengurus orangtuanya,” komentar Otang Timika, warga Jakarta Timur kepada redaksi, Rabu pagi (18/8/2021).

Syarat Tambahan

Widya menambahkan vaksin Moderna hanya diberikan kepada warga ber-KTP DKI. Bagi pemegang KTP luar DKI namun berdomisili di Jakarta, tetap bisa mendapatkan vaksin Moderna, namun ada syarat tambahan.

“Mereka harus membuktikan diri tingggal di wilayah DKI dengan membawa surat domisili yang dikeluarkan minimal oleh RT setempat dan surat tersebut juga diarsipkan oleh fasilitas kesehatan penyuntik,” katanya.

Pemberian vaksinasi dilakukan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan milik pemerintah maupun swasta yang memiliki dokter penyakit dalam dan konsultan alergi imunologi per tanggal 17 Agustus 2021.

Berikut Daftar Fasilitas Pelayanan Kesehatan di DKI Jakarta yang akan melayani pemberian vaksin Covid-19 Moderna:

 

Jakarta Pusat

RSUP Cipto Mangunkusumo

RSPAD Gatot Subroto

RSUD Tarakan

RS St. Carolus

RS Abdi Waluyo

PPKP Balai Kota DKI Jakarta

Pusat Pelayanan Kesehatan Pegawai

Puskesmas Kecamatan Menteng

 

Jakarta Utara

RSUD Koja

RSUD Cilincing

RSUD Pademangan

RS Mitra Keluarga Kelapa Gading

Puskesmas Kecamatan Tanjung Priok

 

Jakarta Barat

RS Dharmais

RSUD Cengkareng

RSUD Taman Sari

RSUD Kalideres

RS Pelni

Puskesmas Kecamatan Grogol Petamburan

 

Jakarta Selatan

RSUP Fatmawati

RSUD Pasar Minggu

RSUD Pesanggrahan

RSUD Mampang Prapatan

RS Mayapada Lebak Bulus

RS Pondok Indah

RS Medistra

RS MMC

RSIA Brawijaya

Puskesmas Kecamatan Setiabudi

 

Jakarta Timur

RS Polri Said Sukamto

RSUD Budhi Asih

RSUD Pasar Rebo

RSU Adhyaksa

RSUD Kramat Jati

RS Antam Medika

Puskesmas Kecamatan Kramat Jati

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top