Seruyan

Warga di DAS Seruyan Perlu Air Bersih

KABARKALIMANTAN1, KUALA PEMBUANG -Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Seruyan mengungkapkan jika penyediaan air bersih di Daerah Aliran Sungai (DAS) Seruyan perlu untuk diperhatikan.

Hal ini disampaikan salah seorang anggota DPRD Seruyan Harsandi, dimana dikatakannya untuk masyarakat yang berada di daerah aliran sungai Seruyan saat ini sedang kesulitan dan sangat membutuhkan ketersediaan akan air bersih, seperti halnya di Desa Muara Dua, Kecamatan Seruyan Hilir dan sekitarnya.

“ Untuk mereka yang tinggal di sepanjang DAS Seruyan tersebut kesulitan mendapatkan air bersih, mereka hanya mengandalkan air dari sungai yang terkadang keruh dan mengandung lumpur sehingga tidak layak untuk dipakai, untuk itu perlu perhatian pemerintah,” ujarnya.

Lanjut diungkapnya, peran pemerintah setempat lah yang dalam hal ini sangat diperlukan untuk mendistribusikan air bersih atau memberikan solusi lainnya seperti pembuatan sumur bor yang diharapkan dapat digunakan warga setempat mendapatkan air bersih.

“ Kita kan tau air bersih sebagai kebutuhan sehari-hari masyarakat yang digunakan sebagai air minum, memasak dan lain sebagainya, saya harap ini dapat segera menjadi perhatian pemerintah untuk segera ditindak lanjuti,” tegasnya.

Belum lagi menurutnya untuk pengelolaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) juga harus diperhatikan, seperti yang ada di Kecamatan Danau Sembuluh, yang mana saat ini sudah tidak beroperasional lagi karena terkendala mesin yang rusak.

” Ini juga menjadi sorotan kami, kami minta dinas terkait harus memperbaiki dan memfungsikannya kembali,” pintanya. (RED)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top