Kalteng

Sigit Widodo Sebut Peran Penting Generasi Melestarikan Budaya

KABARKALIMANTAN1, Palangka Raya – Sebagai bangsa Indonesia harus bangga karena memiliki keanekaragaman budaya. Akhir-akhir ini Kalimantan Tengah sedang berupaya menaikkan kapasitas pengembangan budaya, dengan pagelaran atau pementasan seni budaya.

Hal itu penting agar masyarakat terutama para generasi muda untuk mau mengenal dan mencintai budaya bangsa sendiri,untuk menumbuhkan semangat baru, setelah melewati masa-masa sulit pandemi COVID-19.

“Jika bukan generasi muda, siapa lagi nanti yang akan melestarikan kebudayaan bangsa kita agar tetap terjaga dan lestari, karena peran budaya itu sangat penting”ucap Anggota Komisi C DPRD Kota Palangka Raya, Sigit Widodo, Kamis (4/11/2021).

Selain itu, Sigit juga menerangkan jika masyarakat, khususnya generasi muda, harus memiliki rasa tanggung jawab untuk mau melestarikan budaya daerahnya. Generasi muda harus bangga terhadap budaya sendiri, bahkan di mata warga negara asing budaya yang dimiliki bangsa Indonesia sangat menarik.

“Budaya juga merupakan aset bangsa, karena jika dijaga dan dilestarikan, akan menarik wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, untuk datang melihat, bahkan mempelajari,” ungkap Sigit.

Sigit menambahkan bahwa dalam upaya melestarikan kebudayaan membutuhkan peran serta seluruh masyarakat termasuk para pemuda. Ia juga mengajak generasi muda untuk menyadari dan memiliki rasa tanggungjawab untuk melestarikan budaya bangsa.

Budaya luar saat ini sangat mungkin mempengaruhi generasi muda karena kemajuan teknologi yang begitu mudah untuk diakses. Jangan sampai generasi muda justru lebih mengenal dan memahami budaya asing dibandingkan budaya bangsanya sendiri.

“Di zaman teknologi canggih sekarang ini, menjadi tantangan tersendiri untuk bisa mempertahankan budaya bangsa, mari kita lestarikan budaya bangsa untuk kita teruskan ke generasi selanjutnya,” pungkas Sigit. (MGN/TVA)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top