Kalimantan Tengah

Sambangi Korban Banjir di Palangka Raya, Mensos Lakukan Trauma Healing

KABARKALIMANTAN1, Palangka Raya —Mensos Tri Rismaharini menyambangi warga pengungsi terdampak banjir di Gedung Futsal KONI Palangka Raya, Rabu (24/11/2021). Tampak mendampinginya Wagub Kalteng Edy Pratowo dan Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin.

Dalam kesempatan itu Mantan Wali Kota Surabaya, Jawa Timur itu memberikan bantuan berupa Layanan Dukungan Psikososial (LDP), yang bertujuan mengurangi beban psikologis dan memulihkan dari trauma, dengan bantuan 30 petugas.

Risma mengajak anak-anak korban banjir bermain, bernyanyi dan main tebak-tebakan. “Di sini senang, di sana senang, dimana-mana hatiku senang”, lagu ciptaan Kak Nunuk inilah yang dinyanyikan Risma bersama anak-anak.

Mereka terlihat begitu gembira mengikuti gerakan tangan Rismna diselingi tepuk tangan. Risma juga tampak sangat bersemangat mengajak anak-anak bernyanyi, sambil mendatangi anak-anak secara bergantian, dengan senyum dan tawa yang selalu mengembang di wajahnya.

Kegembiraan anak-anak tidak sampai di situ saja, karena Risma memberikan hadiah paket mainan kepada mereka. Selain mengajak bernyanyi, Risma memberikan berbagai kuis kebangsaan, seperti Pancasila sampai tebak nama sejumlah pejabat. “Anak anak harus hormat kepada orangtua ya serta jangan lupa rajin belajar dan berdoa agar nanti bisa sukses,”ujarnya

Tak hanya itu Risma juga memberikan bantuan sosial kepada warga yang di pengungsian ini, seperti perlengkapan tidur serta sembako untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Berselang beberapa lama kemudian Risma beserta rombongan menyambangi salah salah satu lokasi terdampak banjir, yakni Flamboyan Bawah dan menyapa warga secara door to door.

Adapun rincian bantuan logistik diberikan Kemensos kali ini yakni dalam bentuk makanan anak 210 paket, kids ware 200 paket, famili kit 140 paket, tenda gulung merah 30 lembar, kasur merah 100 lembar, selimut 20 lembar, matras merah sebanyak 105 lembar, beras CBP sebanyak 50.000 kg,

Kemudian bahan natura/dapur umum 2 paket, berupa: ayam segar sebanyak 200 kg, telur ayam sebanyak 200 kg,air mineral 600 ml sebanyak 2.400 pcs, minyak dan bumbu siap pakai sebanyak 2 paket dan bantuan sembako 1.000 paket.

Sementara itu bantuan atensi untuk anak yatim, piatu dan yatim piatu sebanyak 31 orang dengan nilai Rp 16.400.000. Bantuan aksesibilitas (kursi roda, tongkat pintar, kruk, dan lain-lain untuk 26 orang senilai Rp128.558.500 dan bantuan kebutuhan dasar (Nutrisi, Selimut dan Pampers) untuk 325 orang senilai Rp 706.890.000.

Total bantuan atensi sebesar Rp 851.848.500 yang merupakan bantuan dari Balai Budi Luhur Banjarbaru dan Balai Gau Mabaji Gowa. Sedangkan total semua bantuan Kemensos senilai Rp 1.852.457 810. (TVA)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top