Indonesia

Piala Pertiwi Sukses Digelar, Liga Wanita Siap Bergulir

KABARKALIMANTAN1, JAKARTA — Kompetisi Piala Pertiwi 2021–2022, yang berlangsung sejak 18–29 Maret 2022 di Bandung, Jawa Barat, sukses digelar. Kesebelasan Papua berhasil memboyong kemenangan setelah mengalahkan tim Bangka Belitung 3-1, di Lapangan Jaluk Harupat Sabilulungan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Senin (28/3/2022).

Pembukaan dan penutupan dilakukan langsung Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Mochamad Iriawan dan disaksikan Ketua Umum Asosiasi Sepakbola Wanita Indonesia (ASBWI) Nadalsyah.

Mochamad Iriawan atau yang lebih dikenal dengan sapaan Iwan Bule ini meminta agar even seperti ini lebih sering dilaksanakan sehingga akan banyak talenta-talenta baru yang bisa menambah pemain nasional.

Pelaksanaan Piala Pertiwi kali ini, diikuti lebih banyak klub dibandingkan 2019 lalu. Ini berarti, sepakbola wanita berkembang dan pesat sekali. Oleh karena itu ia meminta agar di setiap provinsi memiliki klub, sehingga pada even selanjutnya akan banyak klub yang ambil bagian.

Bahkan ia meminta agar Nadalsyah untuk bisa mempersiapkan kompetisi lebih besar lagi dalam ajang liga wanita pada tahun depan, sehingga dengan banyak kompetisi bergulir terjadi peningkatan yang bagus, performa tinggi, dan juga mendapat pemain yang bagus.

“Darimana tim bergulir ya dari Liga, sehingga terjadi atmosfer sepakbola yang sebenarnya, dari situ akan mengeluarkan pemain yang bagus untuk diambil,”ujar mantan Kapolda Jawa Barat ini.

PSSI sendiri, ujar Iwan akan terus mendukung setiap even, apalagi jika nantinya liga wanita dapat betul-betul dilaksanakan sesuai rencana. Sambil mencari sponsor untuk bisa ditayangkan  seperti liga 1 dan 2.

Sementara itu Nadalsyah sangat menyambut baik dan berterimakasih karena ASBWI diberi kepercayaan untuk menggelar liga wanita musim depan dan berharap agar di setiap provinsi segera terbentuk Asprov ASBWI sehingga bisa diikuti klub seluruh Indonesia.

Ia menambahkan setelah putaran Piala Pertiwi, pihaknya akan menggelar Piala ASBWI, yang saat ini sebanyak 20 klub ikut laga ini dan bertambah sebelum liga wanita bergulir.

“Insya Allah Piala ASBWI akan dilaksanakan sekitar bulan Juni atau Juli setelah lebaran, mudahan tidak ada perubahan dan bjsa melaksanakan liga wanita sesuai arahan Ketum PSSI,”imbuhnya. (TVA)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

To Top