Seruyan

Pemdes Diminta Aktif Data Masyarakat Yang Belum Miliki Administrasi Kependudukan

Ketua DPRD Seruyan, Zuli Eko Prasetyo. (Foto:YAD)

KABAR KALIMANTAN 1, Kuala Pembuang – Jajaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan mengharapkan peran aktif dari pemerintah desa (pemdes) agar melakukan pendataan secara menyeluruh terhadap warganya yang belum memiliki dokumen administrasi kependudukan baik itu Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan lain sebagainya.

Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo mengungkapkan, hal ini dimaksudkan untuk memberikan edukasi, sosialisasi dan mewujudkan masyarakat yang tertib beradministrasi, terutama administrasi kependudukan.

“Setidaknya untuk dokumen-dokumen kependudukan terlebih dahulu, seperti yang utama itu KTP, lalu ada KK, akta kelahiran dan lain-lain itu harus ada. Makanya pemerintah desa harus aktif mendata warganya agar nanti kalau mereka kesulitan untuk membuat bisa dibantu,” katanya, Jum’at (20/5/2022).

Dijelaskannya, tidak jarang saat ini masih banyak masyarakat yang belum mengetahui bagaimana caranya serta kesulitan untuk mengurus dan membuat dokumen administrasi kependudukan.

Sehingga disinilah peran pemdes melalui perangkat desa baik itu kepala desa (kades) sampai dengan lapisan terbawahnya seperti RT mengambil peran untuk membantu masyarakat. Karena pada masa ini dokumen kependudukan memegang peranan penting dalam berbagai macam urusan.

“Karena sekarang misalnya untuk mendapat bantuan-bantuan dari pemerintah itu syaratnya harus punya KTP dulu. Dan terkadang masih banyak masyarakat kita yang belum tahu, khususnya yang ada di pedesaan. Makanya saya harap desa itu bisa aktif membantu warganya untuk mengurus dokumen kependudukan tersebut,” harapnya. (YAD)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top