Kalteng

Menilik Perajin Kerajinan Tangan Anyaman Khas Kalimantan Tengah

KABARKALIMANTAN1, Palangka Raya – Provinsi Kalimantan Tengah, tak terkecuali Kota Palangka Raya memiliki kerajinan khas anyaman rotan. Menganyam rotan bagi perajin dalam industri rumah tangga bagaikan menganyam kehidupan. Salah satu perajin anyaman yang melakoni kerajinan ini, adalah Yantri Cica

Bersama sejumlah perajin berasal dari kelompok ibu-ibu, mereka mampu mengolah bahan baku dari pembelahan rotan hingga menganyam dan menjahit.
Bahan baku rotan yang diperoleh dari sejumlah kabupaten di Bumi Tambun Bungai itu berpindah-pindah tangan sebelum akhirnya menjadi aneka bentuk kerajinan.

Kelompok perajin Hari Pambelum, wadah ia menempa kepiawaiannya menjadikan pengrajin asli dari produk unggulan Palangka Raya untuk menghasilkan berbagai produk-produk anyaman dalam beberapa bentuk seperti tikar, tas ukuran kecil hingga besar dan dengan berbagai ragam motif khas Dayak.

“Jumlah produk yang terjual setiap bulan tidak menentu dan tergantung jumlah pesanan dan even-even besar seperti pameran atau kegiatan seminar yang dilaksanakan instansi maupun lembaga setempat” tutur Yantri, belum lama ini.

Kelompok Hari Pambelum saat ini berjumlah kurang lebih 20 orang yang merupakan tetangga sekitar atau saudara dan kerabat masyarakat Kelurahan Pager. Kelompok ini tidak hanya bergerak di bidang anyaman saja tetapi juga di bagian pagang yakni usaha keripik (uruh mamen) yang merupakan bagian dari setra Industri Kecil dan Menengah (IKM) Hari Pambelum.

Bahan yang didapat merupakan kayu hasil murni dari hutan Kalimantan sendiri, kemudian diolah menjadi anyaman untuk dijahit menjadi hasil kerajian yang memiliki nilai beli.

Keberhasilan ini, tidak lepas peran pemerintah mendampingi dan memberi sosialisasi ide-ide baru untuk dituangkan menjadi karya dengan desain yang lebih modern ciri khas Kalimantan Tengah.

Dirinya juga berterimakasih kepada, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Palangka Raya atas bantuan mesin jahit kulit kepada mereka sebagai pelaku usaha IKM. Sebab, dengan dukungan dari pemerintah untuk meningkatkan IKM.

Terlebih lagi, sebagai pengrajin pemula pasti membutuhkan banyak masukan dan dorongan dan berharap kedepan mampu mengangkat taraf ekonomi dan membuka peluang kerja untuk masyarakat di Kecamatan Rakumpit Palangka Raya. (MGN/TVA).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top