Sepakbola

Kalahkan Curacao 3-2 Peringkat FIFA Indonesia Terkoreksi 7,4 Poin?

KABARKALIMANTAN1, Bandung – Indonesia dipastikan mendapat tambahan poin hingga berpeluang memperbaiki posisi di ranking FIFA terbaru. Hal itu terjadi seusai Pratama Arhan dkk mengalahkan Curacao 3-2 (2-2) dalam FIFA Matchday, Sabtu (24/9/2022) di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

Tampil lepas dan tidak inferior, Dimas Drajad menjadi bintang pada laga ini dengan mencetak satu gol dan menyumbang satu assist. Pratama Arhan yang sejak awal diwaspadai pelatih Curacao, juga patut diacungi jempol berkat sumbangan 2 assistnya.

Peringkat FIFA Curacao (84) memang jauh dibanding Indonesia (155). Karena itu, setelah kebobolan 0-0 lewat gol Rangelo Maria Janga saat laga baru berjalan 6 menit, publik sempat pesimistis.

Nyatanya Indonesia tetap berani bermain terbuka. Lewat bola-bola pendek, Indonesia kemudian menyamakan kedudukan pada menit ke-18 melalui tendangan keraas Marc Klok, usai menerima umpan Dimas Drajad.

Skuad Garuda, bahkan mampu berbalik unggul 2-1 pada menit ke-22 setelah lemparan ke dalam nan jauh dari Pratama Arhan, berhasil disundul Fachrudin Aryanto. Arah bola yang berubah, tak bisa diantisipasi kiper Tyrick Jeremy Bodak.

Kedudukan kembali imbang 2-2 pada menit ke-24 setelah tendangan keras Juninho Bacuna sukses menaklukkan Nadeo Argawinata. Indonesia tampak lemah dalam transisi setelah menyerang, lalu diserang balik.

Hal itu tampaknya berhasil diantisipasi pellatih Indonesia asaal Korsel, Shin Tae-yong (STY). Akhirnya Dimas Drajad membuat Indonesia berbalik unggul pada menit ke-56 setelah sepakan keras Pratama Arhan, dibelokkan striker Persikabo 1973 itu dengan tumitnya.

Indonesia sebenarnya bisa menambah gol lagi, namun gagal lantaran penyelesaian kurang sempurna. Masuknya Marselino Ferdinand sangat mengacaukan kubu Curacao, terlebih stamina tim asuhan pelatih Remko Bicentini tampak kedodoran.

Kemenangan pada laga Indonesia vs Curacao ini akan sangat berharga bagi Timnas Garuda. Pasalnya, ranking FIFA Curacao berada jauh di atas Indonesia. Tim berjuluk La Pantera itu saat ini menghuni ranking 84 FIFA, sedangkan Indonesia masih tercecer di posisi 155.

Hitungan Kasar

Artinya, hasil ini sangat berarti untuk mendongkrak peringkat Indonesia. Berdasarkan informasi yang dihimpun, skuad Garuda mendapat tambahan 7,4 poin berkat kemenangan ini. Namun tidak serta merta peringkat 155 terkoreksi jadi, katakanlah jadi 148.

Angka ini masih perhitungan kasar. Peringkat Timnas Indonesia juga mengacu kepada hasil akhir dari tim yang ada di atas dan di bawah dalam ranking FIFA. Ada yang memanfaatkan FIFA Matchday, ada yang tidak bertanding.

Indonesia kembali akan menghadapi Curacao pada Selasa (27/9), namun venuenya pindah ke Stadion Pakansari Bogor. Sebelumnya telah banyak kritik disuarakan, sebab stadion ini langganan banjir jika turun hujan deras. Jakarta International Stadium (JIS) jauh lebih representatif.

Berbagai alasan dilontarkkan PSSI, misalnya JIS belum layak penonton dalam jumlah banyak. Nyatanya laga di GBLA semalam dihadiri sedikit penonton. Hanya seperempat tribun yang terisi.

Namun semua maklum, laga FIFA Matchday “diarahkan” agar selalu digelar di wilayah Jawa Barat, sebagai bagian pencitraan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, yang mengincar posisi Jabar-1 alias Gubernur Jawa Barat.

Susunan pemain

Indonesia XI (4-3-3): Nadeo Argawinata; Rachmat Irianto, Elkan Baggott, Fachruddin Aryanto, Pratama Arhan; Yakob Sayuri, Marc Klok, Ricky Kambuaya; Witan Sulaeman, Dimas Drajad, Egy Maulana Vikri.

Curacao XI (4-3-3): Tyrick Jeremy; Justin Shane, Dylan Galdino, Rhu-Endly Aurelio, Shanon David; Juninho Gracielo, Leandro Jones, Jeremy Cornelius; Kenji Joel, Michael Madionis, Rangelo Maria.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top