Palangka Raya

Kader Posyandu Harus Aktif Cegah Stunting

KABARKALIMANTAN1, Palangka Raya – Anggota DPRD Palangka Raya, Ruselita mendorong kader Pos pelayanan terpadu (Posyandu) yang tersebar di kota setempat dapat aktif bergerak dalam menekan atau mencegah terjadinya kasus stunting.

“Stunting telah menjadi perhatian serius, tidak hanya pemerintah namun semua masyarakat. Semoga melalui posyandu yang tersebar luas di lingkungan RT bisa aktif bergerak, membantu dalam pencegahan stunting,” katanya, Rtabu (1/3/2023).

Legislator Partai Perindo ini mengatakan, Posyandu memiliki peran strategis dalam membangun kesadaran masyarakat untuk peningkatan kualitas kesehatan. Karena itu petugasnya juga harus lebih aktif memberikan layanan door too door.

“Melalui posyandu kiranya dapat mendorong para orang tua agar lebih peduli membawa anaknya memperoleh imunisasi, ataupun memeriksakan kesehatan tumbuh kembang anak,” tuturnya.

Menurutnya, kader Posyandu merupakan pilar utama dan garis pertahanan terdepan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat karena merekalah yang paling memahami karakteristik masyarakat di wilayahnya.

Tidak sampai di situ saja, kader juga mengingatkan masyarakat jadwal posyandu, mengimbau ibu hamil dan orang tua balita agar datang ke posyandu untuk memantau status gizi dan kesehatan.

Jika ditemukan balita yang mengalami masalah gizi termasuk stunting, kader akan melaporkan kepada bidan dan merujuk kepada puskesmas agar mendapatkan penanganan. (GUS)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top