KESRA

BPBD Palangka Raya Siapkan Relawan Damkar Antisipasi Karhutla

KABAR KALIMANTAN1, Palangka Raya – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah menyiapkan para relawan pemadam kebakaran (damkar) di daerah setempat untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Kepala Bidang Kesiapsiagaan BPBD Kota Palangka Raya Heri Fauzi di Palangka Raya, Selasa (21/5), mengatakan, meski wilayahnya memasuki musim kemarau basah, namun pihaknya tetap mewaspadai bahaya karhutla.

“Memang kalau musim kemarau basah seperti saat ini sangat minim karhutla terjadi, namun kami tetap melakukan upaya antisipasi, salah satunya dengan menyiagakan relawan damkar yang ada di Palangka Raya,” katanya.

Dia menuturkan, untuk mengantisipasi cuaca panas dalam beberapa pekan ini BPBD Kota Palangka Raya juga melakukan sosialisasi terkait aplikasi PERISAI kepada lurah-lurah di daerah setempat.

“Hari ini tadi kami melaksanakan sosialisasi tersebut kepada para lurah yang dilaksanakan di Aula Peteng Karuhei II di Komplek Kantor Wali Kota Palangka Raya,” katanya.

Heri Fauzi menegaskan komitmennya dalam mengantisipasi bahaya karhutla di wilayah kota Palangka Raya termasuk di perbatasan dengan Kabupaten Pulang Pisau.

Bahkan dalam waktu dekat ini BPBD Kota Palangka Raya dan Pemkab Pulang Pisau akan menggelar apel siaga karhutla yang nantinya akan dilaksanakan di Kabupaten Pulang Pisau.

Heri meminta masyarakat segera melaporkan apabila menemukan karhutla di sekitar permukimannya. Kemudian jangan pernah takut melaporkan apabila ada oknum yang sengaja membuka lahan dengan cara dibakar.

“Kalau melihat ada oknum yang sengaja membuka lahan dengan cara dibakar, segera laporkan ke kantor kepolisian terdekat agar yang bersangkutan bisa ditindak tegas sesuai dengan aturan yang berlaku,” katanya.

 

 

Sumber: ANTARA

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top