KESRA

Asah Kemampuan Personel, Basarnas Palangka Raya Gelar Pelatihan

Pelaksanaan pembekalan materi ruang di Kantor Basarnas Palangka Raya, Jalan Adonis Samad. Foto - IST

KABARKALIMANTAN1, PALANGKA RAYA — Sebanyak 39 personel Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Palangka Raya mengikuti latihan pencarian dan pertolongan di perairan, dari 18-21 Mei 2022.

Pembekalan materi ruang dilaksanakan di Kantor Basarnas Palangka Raya Jalan Adonis Samad dan pembekalan praktek lapangan di Kolam Renang Isen Mulang serta Danau Air Hitam Jalan Tjilik Riwut kilometer 19 Marang Palangka Raya.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Palangka Raya, Muhammad Hariyadi, menjelaskan, pelatihan ini digelar dalam rangka mengasah serta meningkatkan kapasitas kemampuan tim penolong dalam menghadapi situasi operasi pencarian dan pertolongan yang sesungguhnya.

“Kegiatan ini menjadi sarana berlatih bagi tim penolong Kantor pencarian dan Pertolongan Palangka Raya dalam bidang pertolongan di perairan,” ucapnya saat membuka kegiatan, Rabu (18/5/2022).

Dengan begitu, para personel dapat lebih mengsah keterampilan dan meningkatkan kapasitas kemampuan tim penolong secara efektif, cepat dan aman sesuai dengan motto Basarnas Quick Response Search and Rescue.

Selain itu untuk meningkatkan pengetahuan tentang bahaya dan keselamatan pertolongan di air, meningkatkan kemampuan penggunaan peralatan pencarian di air untuk mempercepat penemuan korban serta memberikan kemampuan bagi para tim penolong untuk melaksanakan pertolongan di permukaan air.

Dalam pelatihan nanti personel akan menguji standar operasional prosedur, fungsi koordinasi, manajemen posko hingga teknik pertolongan terhadap orang tenggelam, secara efektif, cepat dan aman.

Tak lupa Hariyadi berpesan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti latihan ini dengan serius dan melaksanakan instruksi yang diberikan para instruktur agar ilmu yang diberikan dapat terserap dan dapat diaplikasikan dengan baik.

“Utamakan keselamatan diri dan menjaga kesehatan agar senantiasa prima hingga latihan ini berakhir,” tuturnya. (TING)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top