Indonesia

Susah Cari Lawan Akibat Karantina, Indonesia 2 Kali Dijajal Timor Leste

KABAR KALIMANTAN1, Gianyar – Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, harus puas disodori Timor Leste sebagai lawan uji coba. Kabarnya, pemilihan lawan jadi sulit akibat aturan karantina 7-10 hari bagi tim asing yang memasuki Indonesia.

Kebijakan itu diterapkan pemerintah demi mengendalikan varian Covid-19, Omicron. Tentu saja tak banyak lawan yang rela “membuang waktu” untuk karantina demi memanfaatkan laga uji coba internasional atau FIFA Matchday pada akhir Januari ini.

Dua laga uji coba itu tepatnya akan dihelat pada Kamis (27/1/2022) dan Minggu (30/1/2022). Timor Leste akan jadi lawan di dua pertandingan yang akan dipentaskan di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali.

Timor Leste pernah jadi provinsi ke-27 dari Indonesia, dengan nama Timor Timur. Beberapa pemain top pernah membela timnas Indonesia maupun klub-klub besar seperti Miro Baldo Bento dan Joao Bosco Cabral.

Setelah memisahkan diri dari Indonesia pada tahun 2002, Timor Leste memiliki timnas sendiri. Beberapa kali mereka bahkan bertanding kontra tim Merah Putih, diawali sejak 2010.

Menang Terus

Pertemuan pertama terjadi di Piala AFF 2010 di Stadion Jakabaring, Palembang.
Timnas Indonesia besutan Alfred Riedl menang dengan setengah lusin gol, 6-0.

Setelah pertemuan itu, Indonesia dan Timor Leste pernah tiga kali bertemu. Satu di antaranya terjadi di ajang resmi yakni di Piala AFF 2018 . Tim polesan Bima Sakti menang agak sulit, 3-1.

Timnas Timor Leste tak keberatan mengikuti karantina, sekaligus demi mematangkan tim. Mereka menganggap masa karantina sebagai TC alias pemusatan latihan.

Ada yang mengkritisi terkait lawan tanding di FIFA matchday ini. Timor Leste diuntungkan. “Jika menang mereka dapat tambahan poin lumayan beaar karena peringkat FIFA mereka lebih rendah dibanding Indonesia.

“Jika Indonesia yang menang, setahu saya tetap ada namun sedikit. Tak sebesar poin yang diraih dari lawan yang peringkat FIFA nya lebih baik,” tutur Ophan Lamara, pengamat sepakbola asal Makassar.

Tapi Ophan sadar, kebijakan karantina bagi pelaku perjalanan luar negeri yang akan masuk ke Indonesia, kuat dasarnya.

Rekor Pertemuan

21 November 2010
Indonesia 6-0 Timor Leste (Uji coba)Stadion Jakabaring, PalembangGol: Cristian Gonzalez (2 gol), Muhammad Ridwan, Okto Maniani, Bambang Pamungkas, Yongki Aribowo

14 November 2012
Indonesia 1-0 Timor Leste (Uji coba)Stadion Gelora Bung Karno, JakartaGol: Bambang Pamungkas

11 November 2014
Indonesia 4-0 Timor Leste (Uji Coba)Stadion Gelora Bung Karno, JakartaGol: Sergio Van Dijk, Zulham Zamrun, Evan Dimas, Samsul Arif

13 November 2018
Indonesia 3-1 Timor Leste (Fase Grup Piala AFF 2018)Stadion Gelora Bung Karno, JakartaGol: Alfath Fathier, Stefano Lilipaly, Beto Goncalves, Rufino Gama.

Indonesia Vs Timor Leste
Kamis, 27 Januari 2022
Stadion Kapten I Wayan Dipta
Pukul 19.00 WIB
Siaran Langsung di Indosiar
Live streaming di Vidio

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

To Top