Sepakbola

Semifinal 1 Skor 0-0, Laga Indonesia vs Vietnam Panas dan Keras

KABARKALIMANTAN1, Jakarta – Skor seri 0-0 merupakan hasil akhir laga panas dan keras di leg 1 semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (6/1/2023).

Ternyata Vietnam tak setangguh yang terlihat selama ini. Biasanya tim Golden Star mengurung Skuad Garuda dengan penguasaan bola 65-70 persen. Kali ini tidak demikian.

Indonesia bahkan memiliki lebih banyak peluang untuk mencetak gol pada babak pertama. Dendy Sulistyawan, Marselino Ferdinan, dan Yakob Sayuri adalah nama-nama yang punya peluang emas untuk membobol gawang Vietnam.

Tetapi peluang-peluang tersebut tak ada yang berbuah menjadi gol. Tendangan Marselino dan sundulan Yakob berhasil dimentahkan oleh Dang Van Lam. Sedangkan Dendy yang punya ruang tembak terbuka malah memilih mengoper bola.

Sebaliknya, Vietnam justru tidak mampu membuat peluang emas untuk mencetak gol. Skor imbang 0-0 pun menghias akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua, pertandingan sempat memanas ketika terjadi keributan antara kedua tim. Hal tersebut dipicu oleh pelanggaran yang dilakukan oleh Doan Van Hau pada Dendy Sulistyawan di menit ke-54.

Doan Van Hau yang melakukan pelanggaran ikut terjatuh mengerang kesakitan. Hal itu kemudian juga sempat membuat sejumlah ofisial Vietnam mendatangi lapangan.

Namun pelatih Indonesia asal Korsel Shin Tae-yong (STY) berusaha mendinginkan suasana. Ia yang sebelumnya aktif memprotes keputusan wasit, menghampiri sekaligus menenangkan pemain Indonesia yang mengerubungi Doan Van Hau. Ia meminta pemain kembali ke posisinya masing-masing dan menghentikan debat dengan pemain lawan.

Setelah keributan mereda, Indonesia dan Vietnam terus melakukan aksi jual beli serangan. Tetapi hingga laga memasuki menit ke-70, kedua tim masih sama-sama kesulitan mencetak gol.

Dalam kondisi kedua tim sama-sama belum mencetak gol, STY belum tergerak untuk melakukan pergantian pemain. Sedangkan Vietnam sudah memasukkan dua pemain pengganti yaitu Tan Tai Ho dan Tuan Hai Pham. STY baru melakukan pergantian di menit ke-81 ketika memainkan Ricky Kambuaya mengisi posisi Rachmat Irianto.

Pada menit ke-82, Pratama Arhan mencoba melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti. Tetapi tendangan Arhan masih melambung jauh di atas gawang.

Di masa injury time, tembakan Yakob Sayuri mengarah ke gawang tetapi bisa dibuang keluar oleh kiper Vietnam. Shin Tae Yong lalu menurunkan Witan Sulaeman, Ilija Spasojevic, dan Saddil Ramdani masuk ke lapangan di menit-menit akhir. Skor imbang 0-0.

Park Bela Van Hau

Aksi Doan Van Hau memang banyak disorot. Bek kiri Vietnam itu juga terlihat bermain keras di pertandingan lain. Saat melawan Malaysia misalnya, ia membuat 3 aksi brutal, namun juga lolos kartu merah.

Usai pertandingan melawan Indonesia, pelatih Vietnam asal Korsel, Park Hang-seo, angkat suara. Ia menilai, Van Hau cuma berduel dan menegaskan sepakbola itu permainan fisik.

“Dalam pertandingan ini, Van Hau banyak bertabrakan dan banyak dilanggar pemain Indonesia. Sepakbola adalah olahraga yang diperebutkan,” katanya, dilansir Thanh Nien.

“Kami harus mengatasinya, dan saya pikir Van Hau telah mengatasi ini dengan baik,” bela Park Hang-seo.

Susunan Pemain

Indonesia: Nadeo Argawinata, Fachruddin Aryanto, Jordi Amat, Rizky Ridho; Asnawi Mangkualam, Marc Klok, Rachmat Irianto (Ricky Kambuaya 81), Pratama Arhan; Yakob Sayuri, Marselino Ferdinan; Dendy Sulistyawan

Vietnam: Dang Van Lam, Do Duy Manh, Que Ngoc Hai, Bui Tien Dung, Doan Van Hau, Vu Van Thanh (Ho Tan Tai 69), Do Hung Dung, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Quang Hai, Phan Van Duc, Nguyen Tienh Linh (Pham Tuan Hai 69)

Jadwal Semifinal Piala AFF 2022

Leg 1
Jumat (6/1/2023): 16.30 WIB – Indonesia vs Vietnam (0-0)
Sabtu (7/1/2023): 19.30 WIB – Malaysia vs Thailand

Leg 2
Senin (9/1/2023): 19.30 WIB – Vietnam vs Indonesia
Selasa (10/1/2023): 19.30 WIB – Thailand vs Malaysia

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top