POLITIK

Sekda: Sampit Expo Buat Masyarakat Kian Terkoneksi dengan Pemerintah

KABAR KALIMANTAN1, Sampit – Sekretaris Daerah (Sekda) Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah Fajrurrahman mengatakan, pelaksanaan Sampit Expo 2024 membuat masyarakat semakin terkoneksi atau terhubung dengan pemerintah daerah.

“Hal ini dikarenakan Sampit Expo 2024 juga menjadi sarana bagi perangkat daerah untuk memperkenalkan ragam pelayanan publiknya lebih jelas kepada masyarakat luas,” katanya di Sampit, Selasa (11/6).

Selain itu masing-masing perangkat daerah juga dapat menyampaikan berbagai program dan kegiatan pembangunan yang selama ini dilaksanakan, sehingga mereka dapat mengetahui berbagai capaian maupun keberhasilan, hingga manfaatnya.

“Instansi yang menjadi peserta pada agenda ini dapat lebih mendekatkan diri bersama masyarakat, dengan tatap muka langsung yang tidak dibatasi jam kerja biasa seperti di kantor umumnya,” tuturnya.

Sampit Expo merupakan agenda rutin Pemkab Kotim yang digelar setahun sekali. Selain sarana penyampaian program dan kegiatan pembangunan, juga untuk memberi kesempatan bagi para pelaku usaha memamerkan dan mempromosikan produk-produk unggulan. Kali ini kegiatan diadakan selama seminggu, yaitu sejak 8-15 juni 2024.

Kegiatan ini juga menjadi ajang business matching atau pertemuan bisnis dari produsen dan konsumen, sehingga bisa saling bertukar pengalaman dan ide.

Menurut Fajrurraman, Sampit Expo tahun ini lebih istimewa karena selainjumlah pesertanya lebih banyak juga ada keterlibatan dari beberapa kementerian, antara lain Kementerian Keuangan, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian.

Hal ini menunjukkan pemerintah pusat memberikan perhatian penuh kepada upaya-upaya yang dilakukan Pemkab Kotim untuk memberdayakan dan memajukan UMKM,

“Kami juga berharap dengan keterlibatan beberapa kementerian ini dapat menginspirasi para pelaku UMKM untuk memanfaatkan lembaga yang ada guna memajukan usahanya,” imbunya.

Acara yang disebut juga Pekan Investasi Sampit Expo ini dibagi dalam beberapa kelompok, yakni kelompok stan OPD dan instansi vertikal yang dijadikan satu tenda atau roders dengan stan-stan kecil didalamnya berjumlah 39 stan.

Lalu tenda ukuran 5×5 meter untuk berjumlah 20 unit untuk perusahaan swasta, seperti dealer dan distributor. Tenda ukuran 3×3 meter sekitar 53 unit untuk UMKM kuliner, ditambah pasar rakyat yang berlokasi di luar pagar Stadion 29 November Sampit.

 

 

Sumber: ANTARA

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top