Kalteng

Satgas Kalteng Siapkan Tempat Isolasi Terpusat

KABAR KALIMANTAN1, Palangka Raya – Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Covid-19 Provinsi Kalteng, telah menyiapkan beberapa tempat isolasi terpusat (isoter) di Kota Palangka Raya.

“Isolasi terpusat ini sebagai bentuk waspada yang harus disiapkan dari sekarang,” kata Pelaksana Harian Ketua Satgas Covid-19 Kalteng, Erlin Hardi, Kamis (12/8/2021). “Isoter tersebut adalah Asrama Haji Al Mabrur, Hotel Dandang Tingang, dan Asrama Badan Pengembangan Sumberdaya Manusia atau BPSDM.”

Dari tiga tempat tersebut, hanya Asrama Haji yang baru terisi oleh masyarakat yang terpapar Covid-19 dengan gejala ringan. Apabila nanti terisi penuh, maka tempat isoter lain akan dipergunakan. Semua tempat isoter tersebut mampu menampung sekitar 600-700 orang dan didukung sumberdaya manusia yang telah dipersiapkan Dinkes Kalteng dan rumah sakit.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Kalteng dr Suyuti Syamsul mengatakan, isoter bukan merupakan rumah sakit perluasan. Terkait pemanfaat Hotel Dandang Tingang, pihaknya harus bersabar. Saat ini hotel itu masih digunakan perusahaan untuk isolasi mandiri karyawannya.

Bagi masyarakat yang terpapar dan hendak isoter ditempat yang disediakan. Syaratnya, mereka  membawa hasil SWAB antigen atau PCR positif. Tanpa gejala atau gejala ringan, bisa mandiri, saturasi di atas 95 persen.

Bagaimana dengan warga dengan KTP dari luar Kota Palangka Raya? Ternyata boleh, asalkan mereka berdomisili di Kota Palangka Raya. Selama diisolasi di sana, warga akan mendapat makan tiga kali sehari, kudapan satu kali, pemantauan kesehatan dari tim medis, serta diberi obat-obatan ringan. (TVA)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

To Top