KESRA

Puskesmas Tanah Grogot Fogging Tiga Lokasi Terjangkit DBD

KABARKALIMANTAN1, Paser – Puskesmas Tanah Grogot, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, melakukan pengasapan (fogging) di tiga lokasi yang ditemukan kasus pasien terjangkit Demam Berdarah Dengeu (DBD).

“Ada tiga lokasi yang dilakukan fogging setelah ditemukan ada kasus pasien DBD dan adanya permintaan untuk fogging,” kata Kepala Puskesmas Tanah Grogot dr Nelly Verawati di Tanah Grogot, Kamis (16/2/2023).

Dikatakannya, tiga lokasi yang dilakukan fogging tersebut adalah di wilayah Tanah Grogot tepatnya di RT4/RW4, RT10/RW5, dan SMP 1 Tanah Grogot.

Sementara itu, data kasus pasien DBD di Puskesmas Tanah Grogot sejak Januari hingga saat ini terdapat lima kasus DBD.

Menurut Nelly, kegiatan fogging dilakukan pihaknya jika ada laporan warga bahwa di wilayahnya terjadi kasus DBD.

Laporan tersebut langsung ditindaklanjuti dengan melakukan penyelidikan epidemiologi atau investigasi, kemudian dilakukan fogging.

Selain laporan, kata dia, fogging dilakukan karena ada permintaan seperti kegiatan fogging di SMP 1 Tanah Grogot, yakni di lokasi tersebut tidak ditemukan kasus DBD, namun berdasarkan pada permintaan pihak sekolah.

Meski demikian, tanpa permintaan pun pihaknya tetap melakukan fogging sebagai upaya pencegahan kasus DBD agar tidak meluas.

Sementara itu, kegiatan lainnya adalah Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSM) seperti membasmi tempat yang menampung air, membasmi sampah, kaleng bekas dan ban, hingga pembagian abate kepada masyarakat.

“Kami terus sosialisasi ke masyarakat agar kebersihan lingkungan diutamakan lebih dahulu. Kalau Fogging itu memberantas nyamuk dewasa, sementara kegiatan PSM itu lebih kepada pencegahannya,” katanya. (ant)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top