KESRA

Perkuat SDM, Pemprov Kalteng Mou dengan UI

KABARKALIMANTAN1, Depok – Pemprov Kalteng dan Universitas Indonesia (UI), menandatangani kesepakatan dan perjanjian bersama, di Ruang Rapat A, Lantai 2 UI Depok, Rabu (1/3/2023).

Kesepakatan bersama bertujuan untuk meningkatkan sinergitas pendayagunaan potensi sumberdaya yang dimiliki para pihak.

Sedangkan ruang lingkup kesepakatan meliputi pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, peningkatan kualitas SDM pendirian perguruan tinggi dan vokasi serta bidang lain.

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran mengatakan, penandatanganan kesepakatan dan perjanjian kerjasama ini, agar UI turut berperan serta dalam membangun Kalteng dari seluruh sektor di Kalimantan Tengah dan membantu dalam perencanaan pembangunan yang berkelanjutan.

Selain itu mendukung rencana pembangunan Universitas Barito Raya baik dukungan desain, sistem pembelajaran dan SDM pengajar, serta mendukung PTN/PTS di Kalteng mewujudkan SDM Kalteng yang berilmu dan Berakhlak.

“Kesiapan Kalteng di bidang SDM harus diperkuat. Ini penting, ketika presiden mencanangkan IKN di Kalimantan, sejak itulah kita harus siap di bidang SDM dan bidang lainnya,” terang gubernur.

Oleh sebab itu harus ada riset kekayaan hayati di Kalteng dengan para akademisi dan perguruan tinggi yang masuk 5 besar di Indonesia, dengan mengirim tenaga ahlinya.

Sementara itu menurut Rektor UI Ari Kuncoro, Kalteng mempunyai kesempatan untuk mewujudkan pembangunan yang berimbang dengan lingkungan sumberdaya alam (SDA) sebagai potensinya.

“Ini memerlukan riset, dengan riset membuat semua berimbang, sehingga nilai tambah dan alam itu seimbang,” tuturnya. (IST/KKI1)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top