Kalteng

Pemkab Sukamara Kembangkan Wilayah Pesisir Untuk Tekan Kemiskinan

KABARKALIMANTAN1, Sukamara – Pemerintah Kabupaten Sukamara, Provinsi Kalimantan Tengah terus mengembangkan wilayah pesisir dengan harapan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat setempat dan menekan kemiskinan.

“Sebagai contoh untuk wilayah pesisir seperti Kecamatan Pantai Lunci dan Jelai kita galakkan program sektor perikanan, pertanian, dan peternakan. Ini upaya pemerintah daerah mendorong peningkatan perekonomian masyarakat,” kata Bupati Sukamara Windu Subagio di Sukamara, Selasa (09/11/2021).

Ia menjelaskan potensi ekonomi di wilayah pesisir masih cukup besar untuk dikembangkan. Untuk itulah pemerintah daerah terus berupaya membantu warga mengembangkan usaha, baik dengan memberi bantuan maupun program pembinaan, untuk meningkatkan kemampuan sumber daya manusia.

Potensi ekonomi di wilayah pesisir tidak hanya melulu di bidang perikanan, tetapi juga potensi lain, seperti pertanian dan perikanan. Sektor pariwisata juga menjadi perhatian karena potensinya cukup besar.

Pengembangan potensi ekonomi diharapkan berdampak signifikan terhadap kemajuan wilayah dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di pesisir dan kawasan lainnya.

Upaya penanggulangan kemiskinan perlu dukungan semua pihak dengan ditunjang program-program dinas dan instansi pemerintah. Kebersamaan tersebut menjadi cara yang harus ditempuh agar upaya yang dilakukan bisa membawa hasil maksimal.

Pemerintah Kabupaten Sukamara akan merumuskan program-program yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat miskin dengan menyesuaikan kondisi dan potensi wilayah masing-masing.

Selain pesisir, wilayah lainnya juga menjadi perhatian pemerintah, seperti Kecamatan Balai Riam dan Permata Kecubung untuk program perkebunan, pertanian, dan lainnya, serta Kecamatan Sukamara untuk program usaha kecil masyarakat.

“Setiap wilayah di Kabupaten Sukamara memiliki potensi dan sumber daya yang berbeda maka kita juga berupaya melaksanakan kegiatan sesuai dengan karakteristik daerah tersebut dalam upaya menanggulangi kemiskinan ini,” ucap dia.

Menurut Windu Subagio, hal yang diperlukan bagi upaya penanggulangan kemiskinan adalah fokus dalam pelaksanaan mengingat kategori penduduk sudah jelas datanya serta alamatnya sehingga program apa yang akan harus diterapkan betul-betul bermanfaat untuk mengurangi kemiskinan.

 

 

Sumber : ANTARA

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top