FINANSIAL

Pemkab Kobar Optimalkan Program CSR Konsorsium Tingkatkan Pembangunan

KABARKALIMANTAN1, Palangka Raya – Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah (Kalteng) terus berupaya memaksimalkan program tanggung jawab sosial (CSR) konsorsium guna meningkatkan dan mempercepat pembangunan daerah.

“Program CSR konsorsium yang digagas sejak pandemi COVID-19 dan hingga kini terus dilaksanakan. Program ini sangat membantu pemerintah dalam pembangunan infrastruktur khususnya jalan penghubung,” kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Hasyim Muallim di Pangkalan Bun, Senin (16/1/2023).

Dia menerangkan, pada 2022, pembangunan jalan melalui program CSR konsorsium di Kabupaten Kobar telah terlaksana sepanjang 15 kilometer lebih. Infrastruktur yang telah ditingkatkan kondisinya itu juga sudah dihibahkan ke Pemkab setempat.

“Program ini merupakan program kolaborasi antara pemerintah dengan perusahaan yang ada di Kobar dalam pembangunan di Kobar, khususnya pembangunan jalan penghubung,” kata Muallim.

Kadis PUPR Kobar itu menerangkan, program konsorsium bidang jalan ini telah mendapat penghargaan dari KemenPAN RB yang diterima oleh Pj Bupati Kobar, selain itu juga masuk 45 top inovasi terbaik se Indonesia.

“Hingga saat ini masih ada sekitar 126 kilometer yang masih dalam proses penyerahan hibah dari perusahaan ke Pemkab Kobar,” katanya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Kotawaringin Barat, Anang Dirjo mengapresiasi peran Dinas PUPR dan perusahaan yang terus bersinergi dalam pembangunan daerah melalui program CSR Konsorsium tersebut.

“Pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur jalan merupakan tanggung jawab kita bersama terhadap tantangan pembangunan sebagai upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi wilayah,” ujarnya

Diterangkannya, perlu terus mendorong pembangunan dan peningkatan infrastruktur jalan dikarenakan mengingat Kabupaten Kotawaringin Barat menjadi kawasan strategis dan pintu gerbang bagian barat Provinsi Kalimantan Tengah.

“Saya berharap tidak hanya Dinas PUPR, tapi seluruh dinas terus berinovasi dalam pembangunan di Kabupaten Kotawaringin Barat,” ucap Anang Dirjo.

Diketahui pembangunan jalan lewat program CSR Konsorsium yaitu sepanjang 15 kilometer lebih sudah dihibahkan ke Pemkab Kobar tahun 2022 kemarin yaitu jalan Simpang Pandau ke Riam dan Jalan Simpang Penyombaan ke Pandau yang berada di Kecamatan Arut Utara. (ant)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top