Kalteng

Legislator Ajak Masyarakat Bersama-sama Cegah Banjir

KABARKALIMANTAN1, Palangka Raya – Anggota DPRD Kota Palangka Raya Khemal Nasery mengimbau kepada seluruh masyarakat, agar dapat bersama-sama menjaga kebersihan saluran drainase yang ada di permukiman masing-masing.

Apalagi saat ini Kota Palangka Raya dan beberapa wilayah sekitarnya dalam situasi banjir karena curah hujan tinggi masih terjadi. Perlu juga diketahui, bahwa pemerintah tengah berupaya mengatasi dan mencegah permasalahan banjir yang kerap terjadi ini.

Pasalnya, Kota Palangka Raya merupakan wilayah dengan letak geografis dataran rendah, tentunya akan sangat mempunyai potensi saat hujan dengan intensitas yang cukup tinggi, hampir setiap waktu pasti kerap menimbulkan banjir. Menimbulkan genangan air di sejumlah daerah pemukiman padat penduduk yang tak memiliki sistem drainase yang cukup baik.

“Maka daripada itu, saya mengimbau agar masyarakat rutin melakukan pengecekan saluran drainase di kawasan permukiman. Gotongroyong membersihkan saluran drainase di daerah pemukimannya agar tidak tersumbat,”kata Khemal, Minggu (14/11/2021).

Sebab memeriksa dan membersihkan saluran drainase secara rutin bisa mencegah terjadinya luapan air dari drainase yang disebabkan oleh drainase yang tersumbat sampah.

Dengan masyarakat tidak membuang sampah sembarangan terutama di saluran drainase, politiisi Partai Golkar ini yakini hal tersebut bisa mencegah terjadinya sumbatan drainase akibat sampah.

Selain itu juga, turut membantu menjaga kebersihan lingkungan agar tak menjadi wadah berkembangbiaknya penyakit.

Memperhatikan saluran drainase pada musim hujan seperti saat ini sangat penting, untuk mengantisipasi terjadinya genangan air di pemukiman yang disebabkan oleh curah hujan yang begitu tinggi. Kesadaran dari seluruh masyarakat untuk dapat bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan, sehingga tidak terjadi lagi genangan air di pemukiman masyarakat.

Untuk itu hendak dapat menjaga kebersihan demi kebaikan bersama. Mulai dari hal-hal kecil di sekitar rumah, seperti membuang sampah rumah tangga pada tempatnya dan membersihkan parit-parit didepan rumah masing-masing.

Hal ini jangan sampai memberi dampak buruk bagi kehidupan di kota ini, apalagi membuang sampah sembarangan terutama di kawasan pengaringan yang mengakibatkan kawasan itu tersumbat dan bisa mengakibatkan hal buruk.

“Drainase sudah dibangun pemerintah untuk kita semua, saya harap masyarakat bisa turut andil dalam menjaga dan merawat drainase yang sudah dibangun agar bisa tetap berfungsi dengan normal,” pungkas Khemal. (MGN/TVA).

 

 

 

 

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top