Kalimantan Tengah

Jelang Lebaran Capaian Vaksinasi Penguat Kalteng Terus Meningkat

KABAR KALIMANTAN 1, Palangka Raya – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah capaian vaksinasi penguat atau dosis ketiga COVID-19 untuk masyarakat di Provinsi Kalimantan Tengah terus mengalami peningkatan.

“Untuk dosis ketiga ada kenaikan dan targetnya tidak tinggi, hanya sekitar 30 persen,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kalteng Suyuti Syamsul di Palangka Raya, Minggu (1/5/2022).

Saat ini berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kalteng per 29 April 2022 capaian vaksinasi dosis penguat ini sudah mencapai 16,89 persen atau 343.950 orang.

Capaian ini terus bertambah terlebih pada periode arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini, Pemprov Kalteng bersama pemkab dan pemkot, serta instansi terkait lainnya menyediakan gerai vaksinasi di berbagai lokasi strategis yang banyak dilewati pemudik.

Gerai-gerai vaksinasi ini di antaranya ditempatkan di bandara, pelabuhan maupun terminal angkutan darat, serta lokasi lainnya seperti perbatasan Kalteng dengan provinsi lain yakni Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan.

Dia berharap masyarakat bisa mengoptimalkan keberadaan gerai-gerai vaksinasi yang disediakan pemerintah tersebut, sehingga capaian untuk dosis penguat ini bisa terus dipacu guna mengoptimalkan kekebalan kelompok atau herd immunity.

“Mudah-mudahan setelah arus mudik dan arus balik selesai nantinya, Kalteng untuk capaian vaksinasi dosis penguat sudah berada di angka 30 persen,” ucapnya.

Sementara itu capaian vaksinasi dosis pertama dan kedua di Kalteng sudah sangat baik. Per 29 April 2022 untuk dosis pertama yaitu 98,66 persen atau 2 juta orang lebih. Sedangkan dosis kedua yaitu 81,65 persen atau 1,6 juta orang lebih.

Capaian vaksinasi yang baik di Kalteng didukung oleh sinergi lintas sektor, utamanya kinerja dari fasilitas kesehatan serta tenaga vaksinator yang bekerja maksimal. Saat ini faskes yang melaksanakan vaksinasi sebanyak 233 unit dan tenaga vaksinator terlatih sebanyak 1.832 orang.

Lebih lanjut Suyuti tetap mengingatkan masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan karena hal ini masih menjadi langkah terbaik dalam upaya mengantisipasi penyebaran COVID-19.

“Tetap gunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, serta mencegah atau menghindari kerumunan,” tuturnya.

 

 

Sumber: ANTARA

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top