Kalteng

Gubernur Kalteng Instruksikan RS Doris Sylvanus Tangani Korban Banjir

KABARKALIMANTAN1, Palangka Raya – Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran menginstruksikan kepada pihak Rumah Sakit Umum Daerah Doris Sylvanus Palangka Raya untuk bersiaga dan “jemput bola” memberikan pelayanan kesehatan, khususnya kepada warga terdampak banjir.

“Pemerintah terus berupaya melakukan penanganan, termasuk juga memberikan pelayanan kesehatan kepada warga secara optimal,” katanya di Palangka Raya, Rabu (17/11/2021).

Ia menjelaskan petugas kesehatan agar terus memantau dan “jemput bola” dalam penanganan kesehatan bagi warga yang sakit.

Ia menyatakan tak ingin akibat banjir ini, ada warga yang sakit tidak mendapat layanan kesehatan yang layak.

Untuk itu, ia meminta pihak manapun segera melaporkan atau datang langsung ke fasilitas kesehatan terdekat untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Direktur RSUD Doris Sylvanus Palangka Raya Yayu Indriaty mengatakan pihaknya telah menurunkan tim kesehatan ke lapangan yang dipimpin Adi Pradisa.

Tim kesehatan tersebut telah mengevakuasi setidaknya tiga warga yang mengalami keluhan sakit untuk dibawa ke rumah sakit serta seorang warga mengalami katarak untuk ditangani lebih lanjut.

“Arahan gubernur jelas dan tegas agar kami siaga membantu penanganan kesehatan warga terdampak banjir dan tim kami siap,” katanya.

Untuk mengoptimalkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat tersebut, pihaknya juga menyertakan nomor telepon informasi dan humas pada nomor 0811-5230-044.

“Kami juga turut prihatin dengan kondisi banjir yang luas ini, termasuk juga anggota keluarga RSUD Doris Sylvanus yang terdampak banjir,” ungkapnya.

Pihaknya siap menerima rujukan korban banjir hingga mengarahkan petugas dan tim kesehatan serta ambulans untuk membantu warga.

Sebelumnya, Gubernur Sugianto Sabran meninjau lokasi banjir untuk memastikan kesiapsediaan tenda maupun posko pengungsian, serta berbagai keperluan lainnya untuk dilakukan penanganan oleh instansi teknis.

 

 

Sumber : ANTARA

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top