Sepakbola

Gagal Raih Emas STY Minta Maaf, Imran: Tak Cukup

KABARKALIMANTAN1, Nam Dinh – Indonesia kalah di semifinal sehingga gagal meraih medali emas SEA Games 2021. Pelatih Shin Tae-yong pun meminta maaf kepada masyarakat Indonesia. Namun beberapa penganat bilang, itu tak cukup.

Zuchli Imran, pembina sepakbola usia dini, menyebut permintaan maaf saja tidak cukup. Menurutnya, PSSI perlu memberi kesempatan kepada pelatih lokal.

“Fakhri Husaini, Rahmad Darmawan, Aji Santoso dan banyak lagi, punya kapasitas dan tahu kekuatan pemain lebih detail daripada pelatih asing berhaji mahal,” paparnya.

STY sudah beberapa kali gagal, sebelum SEA Games, ada juga Piala AFF. “Mungkin tanggung jawab yang diberikan PSSI terlalu banyak. STY kan pegang U19, U23, juga senior,” imbuh Syamsuddin Umar, eks pelatih PSM.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-23 melawan Thailand 0-1 di semifinal dalam laga yang diwarnai 4 kartu merah, 3 di antaranya untuk Indonesia ini.

Pertandingan itu dilangsungkan di Stadion Thien Truong, Kota Nam Dinh, Vietnam, Kamis (19/5/2022) pukul 16.00 WIB.

Pada awal babak tambahan pertama, Thailand berhasil mencetak gol melalui Weerathep Pomphun (94’). Itu jadi satu-satunya gol dalam pertandingan ini.

Setelah laga, Shin Tae-yong meminta maaf kepada pendukung Indonesia, khususnya yang hadir di stadion. Juru taktik asal Korea Selatan itu menyesali kekalahan tersebut.

“Memang fans indonesia memberikan dukungan ke stadion. Saya minta maaf atas kekalahan hari ini,” papar Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai laga, Kamis (19/5/2022).

Shin Tae-yong menyadari, masih terdapat kesalahan yang perlu dievaluasi dari permainan Timnas. Pasalnya, anak asuhnya sulit mengembangkan permainan saat bertemu tim kuat, seperti Thailand.

Sementara itu Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan menyebut Indonesia belum waktunya mendapat rezeki seusai kalah di semifinal.

“Mestinya selain soal teknis, di laga krusial ini ofisial harus ikut berperan. Main harus fight, tapi emosi terkendali. Biar tertinggal, kalo emosi terkontrol, masih ada peluang,” komentar Taufik Jursal Effendi, pembina bola Jakarta.

Thailand akan menghadapi tuan rumah di laga final, seusai Vietnam menjegal Malaysia 1-0.

Hasil Semifinal 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top