Palangka Raya

Fairid Sebut Pembangunan Fisik di Palangka Raya Meningkat

KABARKALIMANTAN1, PALANGKA RAYA – Sepanjang kurun 2021 hingga saat ini banyak perkembangan pembangunan fisik di Kota Palangka Raya, mulai dari infrastruktur hingga fasilitas penunjang lainnya.

Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin mengatakan, pencapaian sarana fisik urusan pekerjaan umum dan penataan ruang yang terdiri dari 10 program prioritas dengan capaian kinerja rata-rata 98,18% yang berpengaruh signifikan pada peningkatan kualitas infrastruktur.

Dalam setiap pembangunan pastinya ada permasalahan, salah satu yang dihadapi terkait urusan pekerjaan umum dan penataan ruang yaitu perbaikan infrastruktur yang masih belum dapat dilaksanakan secara maksimal.

Hal itu disebabkan karena keterbatasan anggaran, ditambahkan kondisi pada daratan luas yang diapit sungai Sebangau, Sungai Kahayan dan Sungai Rungan, serta saluran drainase yang kurang berfungsi menyebabkan terjadinya banjir.

Namun, lanjutnya, untuk penataan perumahan atau kawasan permukinan mengalami peningkatan signifikan. Dari hasil penilaian mencapai 100 persen, hanya saja ada beberapa yang kurang dalam penilaian pencapaian.

Sedangkan urusan perumahan rakyat dan kawasan pemukiman terdiri dari empat program prioritas dengan capaian kinerja rata-rata 99,51 persen yang berpengaruh signifikan untuk meningkatkan kawasan layak huni

Namun tentunya masih ada permasalahan atau kendala yang dihadapi yaitu masih terdapat rumah tidak layak huni di kawasan kumuh dan pemukiman. Masih banyak bangunan yang tidak memiliki IMB.

Kedepannya secara bertahap akan dilakukan peningkatan rehabilitasi rumah tidak layak huni dan kawasan kumuh dengan memperhatikan keadaan warga sekitar.

“Kedepannya kita akan melakukan rehabilitasi kawasan kumuh tersebut menjadi hunian yang layak huni. Namun tentunya kita lakukan bertahap tidak isa langsung terealisasi, mengingat keterbatasannya anggaran,” pungkasnya. (MGN-01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top