HUKUM

Ditreskrimsus Amankan 4 Ton Bio Solar Ilegal di Pulang Pisau

Penyidik Ditreskrimsus ketika berada di lokasi penyimpanan solar bersubsidi. 

KABARKALIMANTAN1, PALANGKA RAYA – Keseriusan Kepolisian Daerah Kalimantan Tengah (Polda Kalteng) dalam mencegah tindak pidana dibidang Energi dan Sumber Daya Mineral terus digalakkan.

Hal tersebut diutarakan Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto,  melalui Kabidhumas Kombes Pol K.Eko Saputro, ketika dikonfirmasi di Ruang Kerjanya, Jumat (13/5/2022) siang.

Diutarakan, Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Kalteng berhasil mengagalkan kegiatan penyalahgunaan niaga bahan bakar jenis Bio Solar yang disubsidikan pemerintah di Jalan Lintas Kalimantan, Kelurahan Anjir, Kecamatan Kahayan Hilir, Pulang Pisau. Dari lokasi tersebut pihaknya membekuk GJ (49) sebagai pelaku.

“Penangkapan terhadap tersangka dilakukan pada Rabu tanggal 11 Mei 2022, pukul 18.00 WIB,” ungkapnya.

Lebih lanjut Eko menerangkan, dari pengungkapan kasus di TKP tersebut aparat penegak hukum setidaknya berhasil mengamankan barang bukti berupa 75 jerigen ukuran 35 liter, 8 drum ukuran 200 liter dengan total BBM jenis Bio Solar sebanyak 4 ton, serta 1 unit mesin pompa minyak merk M2000.

“Keberhasilan kami dalam mengungkap kasus tindak pidana minyak dan gas bumi tersebut, tidak terlepas dari kerja sama dengan seluruh lapisan masyarakat,” tandasnya.

Pada kasus ini, lanjut Eko, pelaku akan dijerat dengan pasal 55 Undang-Undang nomor 22 tahun 2001 tentang minyak dan gas bumi dan Undang-Undang nomor 11 tahun 2022 pasal tentang energi dan sumber daya mineral.

“Adapun ancaman hukuman yang diterapkan yaitu pidana paling lama 6 (enam) tahun kurungan dan denda maksimal Rp 60 miliar,” tutupnya.  (TING)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top