KESRA

Dinas PUPR Palangka Raya Selidiki Sebab Ambruknya Beberapa Bangunan di SDN 14 Palangka

KABAR KALIMANTAN 1, Palangka Raya – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, menyelidiki penyebab ambruknya beberapa bangunan di kompleks Sekolah Dasar Negeri (SDN) 14 Palangka pada Minggu (9/1/2022).

“Kami libatkan tim ahli yang terdiri dari akademisi, konsultan dan tenaga ahli konstruksi untuk menyelidiki penyebab ambruknya sejumlah bangunan di SDN 14,” kata Kepala Bidang Pembangunan Permukiman Dinas PUPR Palangka Raya Arif Fathuddin di Palangka Raya, Selasa (11/1/2022).

“Jika kita melihat secara kasat mata penyebabnya karena terjadi pergeseran konstruksi akibat banjir. Apalagi dalam tahun ini wilayah itu sering banjir dan arusnya cukup deras. Meski demikian, penyelidikan lebih dalam masih dilakukan,” katanya.

Setelah mengkaji penyebab bangunan sekolah ambruk, ia menjelaskan, Dinas PUPR akan memberikan rekomendasi mengenai penanganan lebih lanjut bangunan sekolah tersebut.

“Sementara ini gedung tidak bisa digunakan karena khawatir menjadi masalah. Kita perlu antisipasi gedung lainnya juga mengalami masalah sehingga lebih baik tidak digunakan dulu,” katanya.

Kepala Bidang Pembinaan SD Rachmad Winarso sebelumnya menjelaskan bahwa bangunan yang roboh di kompleks SDN 14 Palangka dibangun pada 2016.

Bangunan sekolah dasar negeri itu konstruksinya berbahan kayu. Ruang-ruang sekolah dibangun di atas rawa dengan penopang kayu. Bangunan yang ambruk pada Minggu (9/1) terdiri atas tiga ruang kelas dan satu WC.

 

Sumber : ANTARA

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

To Top