Palangka Raya

Cegah Lonjakan Harga Saat Ramadan, Sigit Yunianto Minta Bentuk Satgas Pangan

KABARKALIMANTAN1, PALANGKA RAYA – Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Sigit K Yunianto mendorong Pemerintah Kota Palangka Raya untuk segera membentuk tim satuan tugas (Satgas) khusus pangan guna mengantisipasi lonjakan bahan pangan selama bulan Ramadan 1443 Hijriah.

Pemkot melalui Dinas Perdagangan, Koperasi, UKM, Perindustrian (DPKUP) harus segera bentuk satgas lintas sektor dalam upaya antisipasi lonjakan harga bahan pangan menjelang Ramadhan hingga lebaran.

Ia mengatakan, keberadaan satgas tersebut sangat diperlukan mengingat kenaikan harga bahan pangan selalu terjadi setiap tahun menjelang dan saat perayaan hari-hari besar keagamaan

Untuk itu, politisi PDIP ini pun meminta dinas teknis terkait agar segera berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Satpol PP, Dinas Kesehatan, pihak TNI dan Polri dalam rangka pembentukan satgas pangan.

Termasuk membahas strategi pengawasan ketersediaan bahan dan antisipasi lonjakan harga pangan di pasaran. Antisipasi ini, sebut Sigit harus dilakukan sedini mungkin.

Sigit yang juga merupakan Sekretaris DPD PDIP Kalteng ini menekan potensi permainan stok dan harga bahan pangan di pasaran yang dilakukan para tengkulak. Saat ini sejumah kebutuhan pangan di Kota Palangka Raya juga telah mengalami kenaikan harga, dantaranya seperti cabai yang harganya sebagian masih berada diatas Rp 100 ribu per kilogram.

Jangan sampai Ramadan dan Idul Fitri dalam masa pandemi Covid-19 ini kemampuan masyarakat memenuhi kebutuhanya dipersulit dengan lonjakan harga dan keterbatasan stok barang.

Untuk itu, langkah-langkah pengawasan dan upaya antisipasi lonjakan harga bahan pangan perlu disiapkan sejak dini. Apalagi diakui Sigit, tak kurang dari dua pekan sudah masuk masa Ramadan. (MGN/01).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top