Barito Utara

2 Dekade Capaian H Nadalsyah Kembangkan Kemajuan Barito Utara

KABARKALIMANTAN1, Muara Teweh – Terbatasnya anggaran terlebih Pandemi Covid-19 yang melanda hampir lebih kurang selama dua tahun terakhir, tidak menyurutkan langkah Sang Tukang Tambal Ban untuk membangun kemajuan Bumi Iya Mulik Bengkang Turan.

Pemerintah Kabupaten Barito Utara (Pemkab Barut) dibawah kepemimpinan H Nadalsyah yang terus berupaya dengan semaksimal mungkin untuk membangun baik bidang infrastruktur maupun bidang lainnya.

Bukti nyata, tidak hanya membangun infrastruktur jalan dan jembatan di wilayah perkotaan saja, namun juga membuka daerah-daerah yang selama ini terisolir. Pembukaan jalan darat dari Muara Teweh menuju desa terjauh di pedalaman di 9 kecamatan se Kabupaten Barito Utara yang membuka akses lalu lintas warga yang sebagian terisolasi. Jalan dan jembatan lainnnya juga mampu diselesaikan selama kepemimpinannya.

Dengan usaha, kerja keras, kerja tuntas, disiplin dalam bekerja serta dukungan dari semua pihak, Kabupaten Barito Utara kini memiliki Rumah Sakit termegah di Kalimantan Tengah (Kalteng) dengan lima tingkat di Kota Muara Teweh.

Fungsional rumah sakit tersebut mampu menampung lebih banyak pasien dan memberikan pelayanan yang semakin maksimal. Bandara Haji Muhammad Sidik Muara Teweh pun telah berhasil dituntaskan, yang membuat Barito Utara kuat dari sisi perkonomian.

Selain itu juga Rumah Jabatan Bupati yang megah telah terbangun dan pembangunan siring Water Front City yang menjadi salah satu ikon kota. Penataan lampu yang mempercantik kota di malam hari, terlihat lampu-lampu hiasnya menerangi kota kecil “Muara Teweh”.

Dari bidang pertanian, Kabupaten Barito Utara telah mampu menjadi produsen jagung terbesar di wilayah Kalimantan Tengah. Pembangunan irigasi di beberapa kecamatan, menambah kuatnya sektor pertanian.

Bahkan, pemerintah pusat memberikan Satyalancana Pembangunan untuk sang Tukang Tambal Ban. Dari bidang kelistrikan, dengan Listrik Desa yang sangat membantu desa-desa yang belum terjangkau listrik PLN.

Kabupaten Barito Utara saat ini memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Minyak Gas (PLTMG) Bangkanai yang mampu memasok listrik untuk interkoneksi wilayah Kalimantan Tengah-Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur. (Prokopim/Tim)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top