Palangka Raya

Umi Mastikah : Banyak Potensi Meningkatkan Ekonomi Masyarakat

KABARKALIMANTAN1, Palangka Raya — Wakil Wali Kota Palangka Raya, Umi Mastikah mengatakan, Palangka Raya memiliki luas wilayah yang cukup besar, bahkan di setiap kecamatan dan kelurahan memiliki potensi pertanian yang berbeda-beda. Apabila dikelola dengan benar dengan bantuan pemerintah tentunya sektor-sektor tersebut bisa dimanfaatkan menjadi pendapat daerah yang cukup besar.

“Saat ini sektor yang diunggulkan adalah sektor pertanian, sementara bila digali dengan benar masih ada sektor lain seperti budidaya madu dan budidaya buah yang masih bisa dikembangkan lagi,”ucap Umi Selasa (25/1/2022).

Seperti di Kecamatan Bukit Batu. Saat ini masyarakatnya sudah mulai mengembangkan setra pertanian buah-buahan, yang sebelumnya hanya tanaman sayur-sayuran kini sudah bisa di kembangkan kebidang yang lain, karena sektor geografis juga yang mendukungnya.

Beberapa petani sudah mulai mengembangkan hasil tanaman yang semula sayur mayur, cabai, bertambah dengan meningkatkan hasil buah-buahan. Bahkan hasilnya tidak kalah bagus dengan wilayah lain seperti di Kalampangan yang dari dulu merupakan unggulan sektor pertanian Palangka Raya.

Selain itu, masyarakat juga sudah mulai mengembangkan madu kelulut (trigoma utama), karena dimasa pandemi ini konsumsi masyarakat cukup tinggi bahkan harga jualnya pun cukup menggiurkan, sehingga mampu meningkatkan ekonomi masyarakat.

Dengan harga yang cukup tinggi tentunya ini juga bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan bagi masyarakat, terlebih dimasa sulit ini masyarakat memang dituntut untuk lebih kreatif, sehingga mampu meningkatkan ekonomi keluarga. (MGN/TVA)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

To Top