Gunung Mas

RT/RW Diminta Bantu Petugas Regsosek di Lapangan

KABAR KALIMANTAN1, Kuala Kurun – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Akerman Sahidar meminta kepada Rukun Tetangga/Rukun Warga (RT/RW) di wilayah setempat agar turut menyukseskan Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek).

”Saya berharap sekaligus mengimbau kepada RT/RT agar ikut menyukseskan Regsosesk. Salah satu caranya adalah dengan membantu petugas di lapangan,” ucap Akerman, Senin (26/9).

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini mengatakan, Regsosek akan dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), mulai 15 Oktober hingga 14 November 2022. Dari informasi yang disampaikan BPS Kabupaten Gumas, dalam pelaksanaan Regsosek akan ada petugas yang menyampaikan kuesioner kepada masyarakat, serta harus dijawab dengan jujur oleh yang bersangkutan.

Di sini peran RT/RW sangat diharapkan dalam membantu petugas yang akan melakukan pendataan di lapangan. Misalnya dengan mengantar petugas ke kediaman masyarakat di wilayah masing-masing.

”Saya yakin RT/RW mengetahui warga di tempat mereka masing-masing. Jadi RT/RW harus selalu dilibatkan dalam setiap pendataan,” imbuhnya.

Sebelumnya, Kepala BPS Kabupaten Gumas Waras menyampaikan sebagai prasyarat utama reformasi Sistem Perlindungan Sosial, BPS diamanatkan mengadakan kegiatan pendataan Regsosek. Variabel yang dikumpulkan di antaranya data terkait kependudukan dan ketenagakerjaan, perlindungan sosial, perumahan, pendidikan, kesehatan dan disabilitas, serta pemberdayaan ekonomi.

Kelengkapan data Regsosek membuka peluang pemanfaatan yang luas, tidak terbatas hanya program perlindungan sosial. Data Regsosek yang lengkap akan mendukung program pemberdayaan ekonomi dan penyediaan kebutuhan infrastruktur dasar.

Selain itu juga mendukung program pemerataan akses pendidikan dan kesehatan, peningkatan inklusi keuangan, dan program lain, dengan tujuan untuk mendorong potensi pembangunan di pusat dan daerah.

”Demi suksesnya pelaksanaan Regsosesk ini kami mengharapkan dukungan dari seluruh pihak, termasuk RT/RW, untuk membantu petugas yang akan melakukan pendataan di lapangan,” tandasnya. (okt)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top