Seruyan

PLTMH di Pedesaan Perlu Ditambah

KABAR KALIMANTAN 1, Kuala Pembuang – Jajaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan menilai jika di beberapa desa khususnya yang ada di wilayah pelosok Kabupaten Seruyan masih memerlukan tambahan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH) untuk mengatasi permasalahan jaringan listrik di wilayah setempat.

Anggota DPRD Seruyan, Atinita mengungkapkan, hal ini terbukti pada saat pihaknya melaksanakan reses di daerah pemilihan (dapil) III yang meliputi Kecamatan Seruyan Tengah, Seruyan Hulu, Batu Ampar dan Suling Tambun masih ada desa yang mengusulkan untuk dibangun PLTMH.

“Karena tidak bisa kita pungkiri masih ada desa-desa di pelosok Seruyan ini yang belum atau terkendala dari segi jaringan listrik. Maka dari itu, saya rasa PLTMH ini bisa menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut,” katanya baru baru ini.

Ia mengungkapkan, adapun beberapa desa yang mengusulkan untuk pembangunan PLTMH tersebut seperti di Desa Tumbang Kasai dan Tumbang Setawai, Kecamatan Seruyan dan Desa Pangke, Kecamatan Seruyan Tengah.

“Kalau untuk Desa Tumbang Setawai itu mereka mengusulkan agar pembangunan PLTMH yang ada itu bisa dilanjutkan. Sedangkan untuk Desa Pangke mereka mengusulkan agar kapasitas dari PLTMH di desa setempat bisa ditambah untuk mencukupi kebutuhan listrik yang ada,” ujarnya.

Menurutnya, pembangunan PLTMH sangat tepat untuk menjadi solusi mengatasi tidak adanya atau terkendala dari segi jaringan listrik di desa setempat.

“Karena mereka juga didukung oleh faktor geografis yang cocok, sehingga memungkinkan untuk dibangunkan PLTMH. Kita berharap dengan ini desa-desa di Seruyan bisa menikmati listrik secara merata,” harapnya. (YAD)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top