Sepakbola

Perunggu Sepakbola: Dengan 15 Pemain, STY Siap Ladeni Kim

KABARKALIMANTAN1, Hanoi – Susunan Formasi skuad Indonesia vs Malaysia pada perebutan medali perunggu cabang sepak bola SEA Games 2021, menarik dikulik.

Coach Shin Tae-yong (STY) siap meladeni tantangan Direktur Teknik Malaysia asal Korsel, Kim Pan-gon dengan skuad pas-pasan.

Maklum, banyak pemain Garuda Muda yang absen karena diganjar kartu merah di laga sebelumnya kontra Thailand. Itu pun belum termasuk pemain yang didera cedera.

Laga perebutan tempat ke-3 ini akan digelar di My Dinh Nasional Stadium, Hanoi, Minggu 22 Mei 2022 pukul 16.00 WIB. Rencananya RCTI dan INews akan menayangkan secara langsung.

STY dalam posisi agak pusing. Ia hanya punya stok 15 pemain yang siap diturunkan untuk melawan Malaysia.

Firza Andika, Rachmat Irianto, dan Ricky Kambuaya dipastikan absen karena mendapat kartu merah di laga semifinal. Selain itu, kehadiran Egy Maulana Vikri juga diragukan saat melawan Malaysia.

Egy terlihat mengalami cedera saat Indonesia kalah dari Thailand 0-1. Winger FK Senica itu ditarik di pertengahan laga.

Bek naturalisasi Elkan Baggott juga absen sejak awal laga. Pemain yang membela Ipswich Town itu tak bisa bergabung ke skuad Garuda Muda karena diduga mengalami cedera.

STY hanya akan memiliki 15 pemain yang siap diturunkan melawan Malaysia. Tak ayal, dia merasa pusing untuk menentukan formasi terbaiknya.

“Kondisi ini membuat kami kesulitan untuk menentukan formasi terbaik. Apalagi di awal turnamen, kuota 20 pemain tidak terisi,” papar Shin Tae-yong, dilansir dari laman resmi PSSI, Minggu (22/5/2022).

Indonesia diyakini memakai formasi 4-2-3-1 kala melawan Malaysia. Posisi kiper pun diyakini masih akan diisi Ernando Ari Sutaryadi.

Di lini belakang, ada angin segar. Asnawi Mangkualam kembali usai absen melawan Thailand karena akumulasi kartu kuning.

Komposisi 4 bek pun diyakini akan diletakkan sejajar, yakni Asnawi, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, dan Alfeandra Dewangga.

Lalu, di posisi gelandang, ada Marc Klok dan Syahrian Abimanyu. Saddil Ramdani diprediksi akan diturunkan sebagai winger kanan, sementara Witan Sulaeman berposisi sebagai winger kiri.

Marselino Ferdinan pun akan menyokong penyerang tunggal, Muhammad Ridwan.

Tantangan Kim

Pelatih lawan, Kim Pan-gon, sempat melontarkan tantangan kepada pasukannya untuk merebut medali perunggu SEA Games dengan Indonesia.

Meskipun Harimau Muda gagal membuat kejutan setelah dikalahkan Vietnam pada semifinal, Kamis (19/5/2022), Pan-gon sangat terkesan. Timnya sudah menunjukkan performa apik.

Pan-gon menyebut kekalahan Malaysia dari Vietnam sebagai sebuah ketidak-beruntungan.
“Tim sudah kompetitif, tapi satu kesalahan membuat mereka kalah. Mereka dalam proses pertumbuhan sebagai pemain,” kata dia di New Straits Times.

Lebih lanjut, Kim berharap Harimau Muda bangkit saat lawan Indonesia. Ia berharap
“Setiap pemain bisa membuat kesalahan. Saya harap mereka belajar dan makin maju,” katanya.

Menpora Malaysia Datuk Seri Ahmad Faizal Azumu pun ikut berkomentar.

“Mereka sudah bermain bagus saat melawan tim tuan rumah Vietnam. Jaga momentum dan semangat pada laga perebutan posisi ketiga dan raihlah perunggu. Saya akan anggap itu sebagai kesuksesan,” ucap Menpora Malaysia kepada Bernama.

Malaysia di lain pihak diperkirakan tampil lebih defensif dengan memainkan skema 4-4-2. Danial Asri dan Luqman Hakim Shamsudin diprediksi jadi andalan pelatih Brad Maloney untuk membobol gawang Indonesia.

Prakiraan Formasi
Indonesi(4-3-3): Ernando Ari Sutaryadi; Asnawi Mangkualam, Fachrudin Ariyanto, Rizki Rido, Alfeandra Dewangga; Marc Klok, Syahrian Abimanyu, Marselino Ferdinan; Saddil Ramdhani, Irfan Jauhari, Witan Sulaeman

Pelatih: Shin Tae-yong.

Malaysia U23 (4-4-2): Azri Ghani; Quentin Cheng, Azrin Afiq Rusmini, Harith Haiqal Adam Afkar, Azam Azmi Murad; Mukhairi Ajmal Mahadi, Nik Akif Syahiran Nik Mat, Hairiey Hakim Mamat, Zikri Khalili; Danial Asri, Luqman Hakim Shamsudin.

Pelatih: Brad Maloney.

 

Live Streaming Indonesia vs Malaysia di RCTI

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top