All Sport

Penantian 24 Tahun WSBK Mandalika, Toprak: Insha Allah Juara

KABAR KALIMANTAN 1, Jakarta – Penantian 24 tahun Indonesia untuk menggelar event balap motor dunia, akhirnya tuntas. Hari ini, Jumat (19/11/2021) World Super Bike (WSBK) Mandalika dimulai di Sirkuit Mandalika.

Semua mata pecinta balapan kuda besi akan tertuju ke sirkuit yang terletak di Nusa Tenggara Barat itu. Selama 3 hari, mereka akan menikmati pertarungan balap motor kelas 1000 cc tersebut.

Dua unggulan, Toprak Razgatlioglu dan Jonathan Rea tak sabar untuk mengaspal di sesi latihan bebas hari ini.
“Insha Allah saya ingin tampil di seri akhir dengan gelar juara,” ujar pembalap asal Turki ini.

Sebagai negara dengan pasar sepeda motor dan penggemar balapan motor terbesar di dunia, Indonesia selama ini hanya bisa melihat Malaysia dan Thailand sukses menggelar ajang MotoGP dan WSBK.

Malaysia menggelar balapan MotoGP sejak 1991, sementara Thailand sejak 2018. Sirkuit Buriram juga menggelar balapan WSBK sepanjang 2015 hingga 2019.

Indonesia kali terakhir menggelar balapan sepeda motor internasional WSBK pada 12 Oktober 1997 di Sirkuit Sentul. Ketika itu John Kocinski menang Race 1 dan Carl Fogarty Race 2.

Antusiasme tinggi diperlihatkan para pembalap WSBK jelang menjalani latihan bebas hari ini. Salah satunya pembalap Aruba Ducati, Scott Redding.

“Bisa ikut balapan di depan penggemar di Sirkuit Mandalika adalah sebuah kehormatan, saya tidak sabar untuk mencoba trek besok,” ujar Redding usai melakukan track walk di Sirkuit Mandalika, Kamis (18/11) sore.

Selaku tuan rumah, pihak Mandalika Grand Prix Association (MGPA) telah memastikan ajang WSBK Mandalika siap digelar.

Track safety inspection oleh FIM berjalan sesuai harapan. Juga soal marshal yang sempat menjadi masalah pada ajang Asia Talent Cup (ATC) pekan lalu. Kami optimistis balapan siap digelar,” ucap Ricky Baheramsjah, Direktur Utama MGPA.

Pada hari pertama WSBK Mandalika akan digelar dua sesi latihan bebas pada pukul 11:00 WITA dan 15:00 WITA. Selain itu akan ada latihan bebas ATC dan balapan pertama ATC.

Toprak Diunggulkan

Sementara itu pembalap asal Turki, Toprak Razgatlioglu, memiliki harapan untuk bisa mengunci gelar juara dunia di WSBK Mandalika.

Toprak saat ini jadi favorit jadi juara dunia WSBK 2021. Ia datang ke seri terakhir dengan posisi unggul atas satu-satunya pesaing, Jonathan Rea.

Rea (kiri) dan Toprak, berebut juara.

Toprak memimpin klasemen dengan 531 poin, unggul 30 poin atas Rea yang menempati peringkat kedua.

“Saya senang karena ini adalah balapan terakhir di Superbike musim ini. Mungkin saja saya menang dan jadi juara dunia, tapi saya tidak tahu, kita lihat saja. Ini lintasan baru untuk semua pembalap,” ujar Toprak.

Ia juga merasa nyaman berada di Indonesia, karena ada kesamaan dengan warga yang mayoritas memeluk agama Islam seperti dia.

Soal kualitas lintasan, Toprak menilai Sirkuit Mandalika tergolong sangat istimewa. Sebagai informasi, aspal yang digunakan adalah kualitas terbaik di dunia.

Seri terakhir WSBK 2021 di Sirkuit Mandalika akan memperebutkan 62 poin tersisa. Balapan WBSK 2021 akan dibagi dalam tiga balapan yakni Race 1, Race 2, dan Superpole Race.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top