Barito Utara

Pemkab Barito Utara Bantu Pembangunan Rumah Korban Kebakaran di Lahei

KABARKALIMANTAN1, Muara Teweh – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Utara di Provinsi Kalimantan Tengah berupaya membantu pembangunan rumah korban kebakaran di Kelurahan Lahei II, Kecamatan Lahei.

 

“(Pemilik) dari 13 rumah yang terbakar tersebut akan dibuatkan rumah sederhana dengan ukuran 5×6 dengan bantuan gambar dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Barito Utara, dengan nilai (bantuan) sekitar Rp40 juta,” kata Bupati Barito Utara Nadalsyah di Muara Teweh, Selasa (7/2/2023).

 

“Sudah saya perintahkan kepada Wabup dan Sekda untuk menghitung dan menganggarkan (bantuan perbaikan rumah korban kebakaran) pada saat saya masih berada di Penang, Malaysia. Hari ini kami menyampaikan seperti apa yang telah diusulkan,” katanya.

 

Ia mengatakan bahwa pemerintah kabupaten juga akan memberikan bantuan dana kepada korban kebakaran yang sudah membangun kembali rumahnya.

 

“Dan bagi yang belum (membangun kembali rumah) akan dibangunkan oleh pemerintah daerah,” kata dia.

 

Bupati menyampaikan bahwa pemerintah kabupaten akan menyampaikan usul pengalokasian anggaran untuk membantu pembangunan rumah korban kebakaran di Lahei ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

 

“Kami akan merapatkan dengan anggota DPRD Barito Utara agar bisa menyetujui usulan dari pemerintah daerah untuk membangun dan membantu masyarakat yang terkena musibah kebakaran ini,” katanya.

 

Bupati Nadalsyah bersama Wakil Bupati Sugianto Panala Putra dan Sekretaris Daerah Muhlis pada Senin (6/2) meninjau permukiman yang pada 29 Januari 2023 terdampak kebakaran di Kelurahan Lahei II.

 

Kebakaran yang terjadi di kelurahan itu menghanguskan 13 rumah, menyebabkan 16 keluarga kehilangan tempat tinggal.

 

“Saya atas nama pribadi mohon maaf karena baru hari ini bisa datang untuk meninjau lokasi kebakaran karena baru kemarin baru pulang berobat dari Penang,” kata Nadalsyah saat mengunjungi Kelurahan Lahei II.

 

Dia mengaku menerima kabar mengenai kebakaran yang terjadi di Lahei II saat melakukan perjalanan menuju ke Penang untuk berobat.

 

“Karena masih dalam proses penyembuhan, saya mohon maaf tidak seperti biasanya untuk jalan-jalan menyapa masyarakat di Kabupaten Barito Utara, karena keterbatasan dengan kesehatan saya,” kata Bupati, yang menyiapkan bantuan satu ton beras untuk korban kebakaran. (ant)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top