Barito Utara

Nadalsyah Rela Rogoh Kocek Sendiri Bangun Islamic Center

KABARKALIMANTAN1, Muara Teweh – Pembangunan Islamic Center di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, ditargetkan selesai pada akhir tahun ini. Peletakan batu pertama dilakukan Bupati Barito Utara, Nadalsyah, pada 3 Januari 2015.

Komplek Islamic Center ini berdiri di lahan seluas 12 hektare dengan ukuran bangunan mesjid 66 meter x 56 meter dan menelan dana sekitar Rp 60 miliar.

“Saat ini kalau mesjid sudah 90 persen, tinggal finising sedikit-sedkit. Bulan depan sudah mulai menbenahi taman dan tempat wudu,” kata sekertaris panitia pembangunan, Junaidi, Selasa (24/8/2021).

Komplek Islamic Center ini berdiri di lahan seluas 12 hektare dengan ukuran bangunan mesjid 66 meter x 56 meter dan menelan dana sekitar Rp 60 miliar.

Islamic Center dibangun bukan menggunakan dana APBD, tetapi murni dilakukan oleh keluarga besar Nadalsyah baik melalui dana pribadi maupun perusahaan-perusahaan milik keluarga, serta bantuan dari pihak-pihak lain yang tidak mengikat.

Kendati demikian, Islamic Center itu kelak akan dihibahkan kepada Pemerintah Kabupaten Barito utara, yang diharapkan bakal menjadi ikon kabupaten ini. Direncanakan di kawasan ini juga akan dibangun sekolah dan taman.

Komplek Islamic Center ini juga akan menjadi wisata religi bagi masyarakat dan diharapkan juga akan memberikan dampak positip bagi masyarakat sekitar.

Untuk akses, saat ini pemerintah setempat juga sudah membangun jembatan ditengah-tengah kota yang membelah sungai menuju lokasi Islamic Center.

Jadi, keberadaan Islamic Center ini nantinya sebagai sarana silaturahim, komunikasi dan pendidikan keagamaan bagi masyarakat Bumi Iyak Mulik Bengkang Turan serta pengembangan perekonomian.

“Seperti keinginan beliau, nantinya Islamic Center akan menjadi salah satu ikon Kabupaten Barito Utara, yang tentunya bisa menjadi kebanggaan dan sarana ibadah serta pengembangan syiar Islam,” pungkasnya. (HST/TVA)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

To Top