KESRA

Mahasiswa BK-PGSD UMPR Jadi Relawan Tes PPDB di Sekolah Muhammadiyah

KABAR KALIMANTAN1, Palangka Raya – Tim dosen bersama 40 mahasiswa program studi Bimbingan Konseling (BK) dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR) menjadi relawan pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SD Muhammadiyah Pahandut Palangka Raya.

“Gerakan Mahasiswa Relawan (GMR) ini merupakan program unggulan Rektor UMPR yang dilaksanakan secara mandiri oleh fakultas maupun program studi yang bermitra dengan lembaga maupun masyarakat,” kata tim dosen UMPR Isnaeni Marhani, MPsi di Palangka Raya, Jumat (3/3).

Bersama anggota tim dosen yang terdiri atas Istiqamah Hafid, MPsi dan Dina Fariza Tryani Syarif, MPsi, tim GMR mendukung pelaksanaan tes psikologi di SD Muhammadiyah Pahandut dengan melaksanakan sejumlah tugas berbeda.

“Mahasiswa ada yang bertugas sebagai petugas observasi, dokumentasi dan melakukan wawancara terkait pengelolaan PPDB,” kata Isnaeni.

Kegiatan GMR ini merupakan dirangkaikan dengan perkuliahan lapangan untuk tiga mata kuliah, yakni Manajemen Berbasis Sekolah, Asesmen Psikologi Teknik Tes, serta Psikologi Perkembangan.

Isnaeni mengatakan kegiatan lapangan dari Fakultas Keguruan Ilmu Pengetahuan (FKIP) banyak bersentuhan dengan lembaga pendidikan.

Terjalinnya kerja sama dengan SD Muhammadiyah ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menimba ilmu secara langsung. Sehingga mampu mempelajari pengelolaan sekolah, termasuk proses seleksi peserta didik, hingga memahami aspek psikologis peserta didik usia sekolah.

“Apalagi, mekanisme penerimaan peserta didik termasuk dalam materi komponen sekolah pada mata kuliah Manajemen Berbasis Sekolah, sehingga mahasiswa dapat mengamati langsung pelaksanaannya,” katanya.

Sementara manfaat dari kegiatan tersebut, lanjut dia, pada mata kuliah Psikologi Perkembangan adalah mahasiswa mampu mengidentifikasi kemampuan peserta didik dalam mempertahankan atensi.

“Selain itu, juga mampu beradaptasi, meregulasi emosi, pemahaman instruksi, respons verbal ekspresif, koordinasi mata-tangan, hingga kemandirian menuntaskan tugas,” katanya.

Adapun pada mata kuliah Asesmen Psikologi Teknis Tes, mahasiswa diharapkan mampu mendapatkan gambaran mengenai administrasi asesmen psikologi bagi peserta didik di jenjang Sekolah Dasar.

Ketua Panitia PPDB SD Muhammadiyah Pahandut, Sari Dewi Kumalawaty, SPd menyambut baik program GMR yang dilaksanakan Universitas Muhammadiyah Palangka Raya.

Dia menambahkan tujuan tes pada PPDB ini untuk mencari peserta didik baru, memetakan kemampuan dasar anak, dan melihat kesiapan belajar anak memasuki jenjang sekolah dasar.

“Tes psikologi juga menjadi data awal bagi sekolah untuk melihat tahap perkembangan kognitif dan psikomotorik calon peserta didik,” kata Sari Dewi. (ant)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top