Barito Utara

Lantik Tiga BPD, Nadalsyah Minta Tingkatkan Etos Kerja

KABARKALIMANTAN1, Muara Teweh – Bupati Barito Utara Nadalsyah melantik tiga Badan Permusyawaratan Desa (BPD), yakni Desa Tawan Jaya, Trinsing dan Trahean, di Aula Kecamatan Teweh Selatan, Senin (6/3/2023).

Dalam kesempatan ini, Nadalsyah menekankan kepada seluruh anggota BPD untuk menjaga norma dan etika dalam hubungan kerja dengan lembaga desa lainnya, mengawal aspirasi warga, menjaga kewibawaan dan kestabilan penyelenggaraan pemerintahan desa serta mempelopori pemerintahan desa berdasarkan tata kelola yang baik.

“Kepada anggota BPD diharapkan lebih meningkatkan semangat dan etos kerja. BPD juga harus membuat dan mempunyai peraturan tata tertib yang dibahas dan dalam musyawarah,”ujar Nadalsyah.

Nadalsyah bilang pemerintahan desa dituntut mampu menumbuhkembangkan partisipasi serta peran aktif masyarakat dalam proses pembangunan.

Selain itu, dituntut untuk mampu memberikan layanan prima dan keterbukaan informasi dalam proses penyelengaraan khususnya perencanaan dan kegiatan di desa.

Nadalsyah mengatakan desa memiliki pemerintahan sendiri dalam penyelenggaraan pembangunan di wilayah masing masing terdiri dari kepala Desa beserta perangkat dan BPD yang merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.

Anggota BPD adalah wakil dari penduduk Desa berdasarkan perwakilan wilayah. Dengan begitu BPD berfungsi menetapkan peraturan desa, berupaya menampung aspirasi masyarakat.

BPD dan kepala desa mitra kerja dalam penyelenggaraan pemerintahan desa hendaknya mampu bekerja sama dengan sebaik baiknya dalam menetapkan kebijakan pembangunan.

BPD dan kepala Desa juga bekerja sama dalam perencanaan program prioritas pembangunan apa yang sudah tertuang dalam musrenbang sehingga pembangunan yang dilaksanakan di desa dapat memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat secara keseluruhan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top