POLITIK

KPU Balangan Beri Penyuluhan Kepada Pemilih Pemula

KABARKALIMANTAN1, Paringin – Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik dan Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, memberikan penyuluhan kepada para pemilih pemula di sejumlah sekolah.

Anggota Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPUD Kabupaten Balangan, Wahyudi, mengatakan, pendidikan kepemiluan terhadap pemilih pemula dan muda penting dilakukan, karena hampir 60 persen dari total pemilih seluruh Indonesia didominasi oleh keduanya.

“Di Kabupaten Balangan dari total 96.016 pemilih, generasi Z dengan rentan usia 26 tahun ke bawah sebanyak 21.781 pemilih, generasi milenial dengan rentan usia 27 tahun sampai 42 tahun sebanyak 35.346,” kata dia di Kabupaten Balangan, Kamis (5/10).

Ia melanjutkan dalam artian, kalau keduanya dikategorikan sebagai pemilih muda maka 60 persen pemilih di Kabupaten Balangan didominasi pemilih muda.

Kemudian dia mengimbau kepada semua masyarakat yang sudah masuk dalam daftar pemilih tetap, khususnya yang berusia muda untuk menggunakan hak suaranya pada Rabu, 14 Februari 2024 nanti.

Kepala Bidang Politik pada Badan Kesbangpol Kabupaten Balangan, Donald, mengungkapkan, dalam program pendidikan pemilih pemula ini pihaknya menggandeng Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Balangan sebagai narasumber.

“Sebelumnya, kami sudah melakukan sosialisasi pada sembilan sekolah atas menengah di beberapa kecamatan pada sosialisasi gelombang satu dan dua kemarin,” ungkapnya.

Ia menuturkan untuk memberikan pemahaman kepada para pemilih pemula di Kabupaten Balangan terkait kepemiluan, Badan Kesbangpol melakukan program pendidikan pemilih pada delapan sekolah menengah atas sederajat se-Kabupaten Balangan yang menjadi sasaran.

Sementara itu Kepala Sekolah SMAN 1 Paringin, Rahmi, membeberkan ada sekitar 50 siswa-siswinya yang mengikuti program ini.

“Cukup banyak pelajar kami yang sudah memiliki hak suara pada 14 Februari 2024 nanti, jadi kami sangat berterima kasih kepada Kesbangpol, KPU dan Bawaslu Balangan yang sudah memberikan pendidikan politik kepada anak didik kami,” beber dia. (ANT)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top