Indonesia

Kalah Rekor Hadapi Vietnam, Pelatih Indonesia: Nikmati Saja

KABAR KALIMANTAN1, Singapura – Laga ke-3 Indonesia di Grup B Piala AFF kontra Vietnam, memang berat. Tapi Shin Tae-yong meminta Evan Dimas Darmono dkk bermain lepas, menikmati pertandingan.

Pertemuan kedua tim yang dihelat di Bishan Stadium, Singapura, Rabu (15/12/2021) pukul 19.30 WIB, ditayangkan secara langsung oleh RCTI dan INews.

Pelatih timnas Indonesia asal Korea Selatan itu paham, Indonesia memiliki catatan buruk kala bertemu Vietnam. Di kualifikasi Piala Dunia 2022, Indonesia dipaksa menelan kekalahan 3-1 dan 4-0.

Indonesia pernah mengalahkan Vietnam di Piala AFF edisi 2016, dengan skor 2-1, dan bermain imbang 2-2. Komposisi kedua tim di laga 5 tahun lalu itu tentu sudah berubah. Sedangkan komposisi di Pra Piala Dunia, sebagian besar masih sama.

“Jangan terlalu memikirkan rekor pertemuan, nikmati saja pertandingan.
Peluang menang masih terbuka,” ujar STY, yang terancam kehilangan bek Elkan Baggot (karantina) dan striker Edy Maulana Vikri (izin klub).

Jika STY berusaha menenangkan pemain, pelatih Vietnam yang juga berasal dari Korsel, Sedangkan Park Hang-seo yakin timnya bisa menambah jumlah gol kemasukan Indonesia.

Head to Head

Guna menjaga peluang ke semifinal, tim Garuda wajib menang atas Vietnam. Jika seri, tiket ke semifinal ditentukan pada laga terakhir kontra Malaysia, terlebih Piala AFF memakai sistem head to head.

Bila Indonesia menghadapi lawan berat di laga terakhir (vs Malaysia), Vietnam lebih diuntungkan. Mereka hanya menghadapi tim lemah, Kamboja.

Jelas, kemenangan atas Vietnam akan memberikan keuntungan bagi Indonesia, mengingat penentuan klasemen menggunakan sistem head-to-head.

Duet Rizky Ridho dan Fachruddin Aryanto akan menjadi andalan tembok pertahanan, guna menambal hilangmya Elkan Baggot.

Sedangkan trio Witan Sulaeman, Ricky Kambuaya, dan Irfan Jaya tetap menjadi andalan untuk membongkar pertahanan Vietnam. Mereka menjadi penyuplai bagi Ramai Rumakiek, penyerang tunggal.

Vietnam mendapatkan kabar menggembirakan setelah tiga pemainnya yang sempat mendapatkan cedera ringan, Nguyen Tien Linh, Phan Van Duc, dan Nguyen Thanh Chung, sudah mulai berlatih. Kehadiran mereka tentunya menambah opsi Park Hang-seo dalam menentukan komposisi pemain.

“Bermain di situasi seperti sekarang memberikan pengaruh terhadap mental pemain. Itu mungkin yang membuat pemain kami tidak terlalu nyaman saat bertanding. Tapi saya percaya pemain bakal main lebih enjoy saat melawan Vietnam,” ucap Tae-yong.

Di lain kubu, meski mengakui lini pertahanan masih ada kelemahan, Hang-seo tidak terlalu khawatir Indonesia bakal mengeksploitasi sektor sayap. Justru Hang-seo akan membalikkan hal itu sebagai senjata makan tuan.

“Jika mereka menganggap bek sayap kami tidak terllau kuat, silakan mereka menyerang kami di sektor itu. Saya justru mengucapkan terima kasih, karena sudah diberi tahu tentang hal ini. Mereka juga sudah kebobolan tiga gol, jadi kami pun bisa mengeksplotasi,” tutur Hang-seo.

Perkiraan Formasi
Indonesia (4-2-3-1):
Ernando Ari (GK), Asnawi Mangkualam, Rizky Ridho, Fachruddin Aryanto, Pratama Arhan (B), Rachmat Irianto, Evan Dimas; Witan Sulaeman, Ricky Kambuaya, Irfan Jaya (T), Ramai Rumakiek (D)

Vietnam (3-4-3): Tran Nguyen Manh (GK), Do Duy Manh, Que Ngoc Hai, Bui Tien Dung (B), Vu Van Thanh, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Tuan Anh, Nguyen Phong Hong Duy (T), Nguyen Quang Hai, Nguyen Cong Phuong, Nguyen Van Toan (D)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

To Top