Sepakbola

Jelang Semifinal AFF U16, Timor Ukir Rekor dan Vietnam Murka

KABARKALIMANTAN1, Sleman – Luar biasa timnas Timor Leste. Mereka mengukir rekor baru di Piala AFF U16 2022 seusai menghajar Brunei Darussalam 10-0 di babak penyisihan Grup B, Kamis (4/8/2022). Rekor lama diukir timnas Indonesia yang melumat Singapura 9-0, sehari sebelumnya.

Bertanding di Stadion Sultan Agung, Bantul, pilar utama Timor Leste, Alexandro Lemos, jadi bintang kemenangan lewat quattrick alias 4 gol. Sementara 6 gol lain dicetak Luis Da Silva, Awangku Muhammad (bunuh diri), Norbert Goncalves, Vabio Pires, Jeremias Dos Santos, dan Totifanio Amaral.

Kemenangan telak itu mendongkrak posisi Timor Leste ke puncak klasemen Grup B dengan perolehan 4 poin dari 2 pertandingan. Sebelumnya, skuad arahan Shota Tokunaga ditahan imbang Laos 1-1.

Timor Leste membuat peta persaingan Grup B meningkat karena Thailand yang jadi favorit juara grup “hanya” mampu menang 5-0 atas Brunei. Selanjutnya, Timor Leste akan menghadapi Thailand pada laga terakhir Grup B di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (7/8).

Timor Leste menjaga kans lolos ke semifinal Piala AFF U16 2022 lewat status juara Grup B. Selain itu, mereka juga masih punya peluang lolos ke semifinal melalui jalur runner up terbaik.

Marah Menang 5-0

Sementara itu pelatih Vietnam, Nguyen Quoc Tuan, mengungkapkan sejumlah masalah di timnya jelang lawan Indonesia di Piala AFF U16 2022. Ia sempat murka setelah timnya “cuma” menang 5-0 atas Filipina.

“Saya instruksikan jangan main bola-bola panjang, tetap saja dilakukan. Memang unggul penguasaan, tapi sering terjadi, pemain mempersulit diri sendiri karena tak mengikuti instruksi,” ujar Quoc Tuan, dengan nada tinggi ke pemainnya.

Jika menang dengan 7 gol atau lebih, mereka akan memimpin klasemen Grup A. Nyatanya, aat ini Indonesia di posisi teratas klasemen Grup A dengan koleksi 6 poin, sama seperti Vietnam. Vietnam kalah produktif (10-1) sementara Indonnesia (11-0)

Pertandingan Indonesia vs Vietnam sangat krusial karena bakal menentukan nasib kedua tim untuk lolos ke semifinal Piala AFF U16 2022. Jika seri, Indonesia yang lolos langsung. Vietnam bisa lolos lewat jalur peringkat kedua terbaik. Lain soal jika menang atas Indonesia.

Untuk itu Quoc Tuan meminta para pemain Vietnam U16 untuk tampil lebih disiplin dan fokus saat menghadapi Indonesia. “Harus disiplin dan tetap fokus. Dua kemenangan bukanlah apa-apa. Kami masih akan bertemu lawan kuat nanti seperti Thailand, Australia, Indonesia, atau Myanmar. Kami harus mencari cara untuk mencapai laga terakhir, katanya

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Most Popular

To Top