Indonesia

Ditunggu BIN, Iwan Bule: Alhamdulillah Jordi Amat Sudah Tiba

KABARKALIMANTAN1, Jakarta – Tarik ulur proses naturalisasi pemain Liga Spanyol, Jordi Amat, akhirnya tuntas. Bek yang pernah mengawal Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi itu, telah tiba di Indonesia. Ketua Umum PSSI mengkonfirmasi hal itu, Sabtu (14/6/2022).

Mochamad Iriawan alias Iwan Bule menyampaikan kabar gembira itu lewat akun medsosnya. “Alhamdulilah Jordi Amat sudah tiba di Indonesia,” tulis Ibul, sapaan akrabnya.

Sedianya, setelah Jordi, pemain naturalisasi lain asal Belanda, Sandy Walsh, akan tiba hari ini, Minggu (15/5/2022).

Sesuai jadwal, Jordi mendarat di Bandara Soekarno Hatta setelah terbang dari Barcelona. Jordi sempat menyapa pecinta sepak bola tanah air.

“Hallo Indonesia, saya sangat senang berada di sini,” kata Jordi Amat di laman instagram PSSI.

Calon pemain timnas Indonesia ini datang  ke Indonesia untuk menyelesaikan proses naturalisasi.

Jordi akan mulai melaksanakan agenda terkait kepindahan menjadi WNI mulai Senin (16/5/2022). Salah satunya wawancara di Badan Intelijen Negara (BIN).

Menurut keterangan PSSI, Jordi tiba di Jakarta pada Sabtu (14/5/2022) malam WIB. Sehari kemudian Sandy Walsh datang menyusul.

“Jordi dan Sandy akan menjalani proses interview di Badan Intelijen Negara (BIN), kemudian menjalani tes kesehatan atau medical check up di sebuah rumah sakit di Jakarta,” tulis keterangan resmi PSSI.

Agenda yang tak kalah penting adalah kunjungan keduanya ke masing-masing perwakilan kedutaan besar negara mereka sebelumnya. Jordi Amat akan melakukan pertemuan di kedutaan besar Spanyol. Sedangkan Sandy akan berkunjung ke kedutaan besar Belanda.

“PSSI sangat berterima kasih kepada Kemenpora dan Kemenkumham yang selalu bergandengan bersama-sama membantu proses naturalisasi para pemain,” kata Sekjen PSSI Yunus Nusi.

“Tentu kedua pemain yang didatangkan ini akan menjalani semua agenda yang telah direncanakan sebagai bagian dari proses administrasi terkait naturalisasi,” ujarnya.

Jika prosesnya berjalan mulus, bukan tidak mungkin keduanya akan segera mendapatkan paspor sebagai tanda sah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Dengan begitu, akan menjadi kabar baik buat Timnas Indonesia yang akan tampil di Babak Ketiga Kualifikasi Piala Asia 2023.

Adapun Timnas Indonesia masuk Grup A Kualifikasi Piala Asia bersama Yordania, Kuwait, dan Nepal. Semua laga Grup A akan digelar di Kuwait yang menjadi tuan rumah sentralisasi pada 8-14 Juni 2022.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top