KESRA

Dinkes Kaltim Terjunkan 80 Personel saat Upacara Kemerdekaan di IKN

KABAR KALIMANTAN1,Balikpapan – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kalimantan Timur, menerjunkan 80 personel saat upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN), pada 17 Agustus 2024.

“Kami siagakan 80 personel, terdiri atas dokter spesialis, dokter umum, perawat, dan tenaga kesehatan lain termasuk supir ambulans, untuk acara kenegaraan di IKN,” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur Jaya Mualimin di Balikpapan, Rabu (10/7).

Personel tersebut bertugas mulai 10-18 Agustus 2024, yang terbagi dalam 10 tim tenaga kesehatan.

Pada 10 Agustus 2024, personel dikerahkan untuk kirab Bendera Pusaka Merah Putih dari Kota Balikpapan menuju Kota Nusantara.

Kemudian, 15 Agustus 2024, mulai masuk Kota Nusantara untuk karantina dan bertugas penuh saat upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024. Pada 18 Agustus 2024, personel kembali lagi ke instansi masing-masing.

Sebanyak 80 personel yang diterjunkan itu dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan RSUD dr Kanujoso Djatiwibowo, Rumah Sakit dr RHardjanto atau Rumah Sakit Tentara (RST), dan Rumah Sakit Siloam Kota Balikpapan, serta sejumlah puskesmas di kawasan Kota Nusantara.

Tim tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur juga dibantu tenaga kesehatan dari Komando Daerah Militer (Kodam) VI Mulawarman, bertugas pada 10 pos kesehatan tersebar di 10 titik wilayah Kota Nusantara.

Rumah sakit juga didirikan di lapangan selama rangkaian acara kenegaraan di Kota Nusantara itu dengan kapasitas 140 tempat tidur.

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur, ;anjutnya, akan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan terkait petunjuk teknis pelaksanaan tugas tenaga kejahatan selama acara kenegaraan itu.

Ia berharap mulai dari kirab Bendera Pusaka Merah Putih hingga upacara HUT Kemerdekaan RI dapat berjalan dengan baik.

 

 

Sumber: ANTARA

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top