Indonesia

Dilaporkan ke FIFA, Ketua KP: Erick Thohir Sah Jadi Caketum PSSI

KABARKALIMANTAN1, Jakarta – Tuduhan Erick Thohir tidak layak atau sah menjadi calon Ketua Umum PSSI dirilis Yesayas Oktavianus, salah satu calon wakil ketua umum (Caketum) PSSI dan anggota Komite Eksekutif PSSI 2023-2027. Tapi tuduhan dimentahkan Amir Burhannudin.

Pria yang menjabat Ketua Komite Pemilihan (KP) Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI itu menegaskan, Erick Thohir memenuhi syarat sebagai salah satu calon tetap Ketua Umum PSSI 2023-2027.

“Yang bersangkutan memenuhi aturan yang disyaratkan oleh Statuta PSSI,” ujar Amir. “Itu sesuai dengan dokumen yang dilampirkan dan dikonfirmasi dengan klub anggotanya. Jadi isu itu tidak benar.”

Amir menepis kabar yang menyebut Erick Thohir melanggar ketentuan aktif di sepak bola selama lima tahun sesuai dengan ayat 4 pasal 38 Statuta PSSI. Amir mengatakan Menteri BUMN itu bisa dibuktikan aktif di sepak bola dan dapat dibuktikan dengan dokumen pendukung.

Yesayas mengklaim jabatan Erick Thohir sebagai wakil komisaris utama di PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) tidak bisa disebut aktif di sepak bola.

“Saya sudah mengecek ke orang-orang yang ada di posisi itu. Mereka bilang komisaris itu tidak aktif, paling sekali-sekali datang misalnya untuk rapat pemegang saham,” tutur Yesayas.

Yesayas mengaku telah mengadukan dugaan pelanggaran itu ke Komite Banding Pemilihan (KBP) PSSI pada 2 Februari 2023, tetapi belum ada tanggapan. Yesayas kemudian melaporkan hal ini ke FIFA melalui surat elektronik pada 6 Februari 2023, dengan hasil belum juga mendapatkan jawaban. Jika mentok, Yesayas akan membawa tudingan ini ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

“Silakan Kongres Luar Biasa berjalan. Namun kalau CAS memenangkan saya, maka hasil kongres harus dibatalkan. Saya ini bergerak sendiri. Tidak ada satu orang pun di belakang saya,” ujar Yesayas.

KP dan Komite Banding Pemilihan (KBP) sudah menetapkan 76 nama calon tetap ketua umum, wakil ketua umum dan anggota Exco PSSI periode 2023-2027 yang berhak dipilih di KLB PSSI 2023.

Mereka adalah 5 calon ketua umum, 16 calon wakil ketua umum dan 55 calon anggota Exco. KLB PSSI 2023 akan digelar di Jakarta pada 16 Februari.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top