Nasional

Bahlil Jadi Menteri ESDM Ad Interim Semata karena Arifin Tasrif Positif Covid?

KABAR KALIMANTAN1, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia, sebagai Menteri ESDM ad interim. Alasannya sang menteri difinitif, Arifin Tasrif, positif terpapar Covid. Hanya semata karena itu atau ada alasan lain?

Penggantian itu berdasarkan surat dari Kementerian Sekretariat Negara pada 3 Februari 2022. “Presiden Jokowi menunjuk Menteri Investasi Bahlil Lahadalia sebagai Menteri ESDM ad interim,” ungkap Staf Khusus Menteri Investasi, Tina Talisa, Jumat (4/2/2022).

Ia mengatakan Bahlil telah melakukan rapat perdana sebagai Menteri ESDM ad interim dengan seluruh eselon 1 di kementerian pada hari ini. Aktivitas itu terlihat dari foto yang dibagikan Tina Talisa, pada Jumat (4/2).

“Pada hari ini telah dilakukan rapat perdana Menteri ESDM ad interim dengan seluruh eselon I di lingkungan Kementerian ESDM,” ungkap Tina, yang tidak menjelaskan alasan penunjukan Bahlil menjadi Menteri ESDM ad interim.

Selain Arifin Tasrif, beberapa menteri Jokowi pernah terpapar Covid. Ada yang mengakui secara terbuka, ada yang tidak. Begitu pula penggantian menteri oleh petugas ad interim. Ada yang diganti Jokowi dengan menteri ad interim, ada pula yang tidak.

Berikut daftar menteri di bawah rezim Jokowi yang pernah terpapar Covid:
1. Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan, merupakan menteri pertama yang terkonfirmasi positif Covid-19. Jokowi menunjuk Luhut Binsar Panjaitan menjadi Menhub Ad Interim.
2. Edhy Prabowo, saat masih menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, ia pernah terpapar Covid-19.
3. Fachrul Razi, saat masih menjabat sebagai Menteri Agama, ia juga pernah terinfeksi Covid-19.
4. Ida Fauziyah Menteri Ketenagakerjaan merupakan menteri ke-4 di Kabinet Indonesia Maju yang terpapar Covid-19.
5. Airlangga Hartarto Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto juga pernah terpapar Covid-19, tanpa mengakui secara terbuka. Tentu tidak ada menteri ad interim yang menggantikannya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top